PBNU Sebut Banyak Kiai Kecewa dan Protes Atas Penunjukan Menag

Rabu, 23 Oktober 2019 - 17:24 WIB
PBNU Sebut Banyak Kiai Kecewa dan Protes Atas Penunjukan Menag
Penunjukan Fachrul Razi sebagai Menteri Agama (Menag) memicu kontroversi. Bahkan, PBNU mendapatkan banyak protes kekecewaan dari para kiai di daerah. Foto/SINDOnews/Rakhmatulloh
A A A
JAKARTA - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengaku mendapatkan banyak protes kekecewaan dari para kiai di daerah atas penunjukan Jenderal (Purn) TNI Fachrul Razi sebagai Menteri Agama (Menag).

"Saya dan pengurus lainnya banyak mendapat pertanyaan terkait Menteri Agama. Selain pertanyaan, banyak kiai dari berbagai daerah yang menyatakan kekecewaannya dengan nada protes," ujar Ketua Pengurus Harian Tanfidziyah PBNU KH Robikin Emhas di Jakarta, Rabu (23/10/2019).

Dikatakan Robikin, para kiai paham Kemenag harus berada di garda depan dalam mengatasi radikalisme berbasis agama. Namun, para kiai tak habis mengerti terhadap pilihan yang ada.

"Para kiai sudah lama merisaukan fenomena terjadinya pendangkalan pemahaman agama yang ditandai merebaknya sikap intoleran. Lebih tragis lagi, bahkan sikap ekstrem dengan mengatasnamakan agama. Semua di luar kelompoknya kafir dan halal darahnya. Teror adalah di antara ujung pemahaman keagamaan yang keliru seperti ini," urainya.

Karena kondisi dan daya destruksi yang diakibatkan, kata Robikin, secara kelembagaan sejak jauh hari, NU tegas mengingatkan bahaya radikalisme itu. "Bahkan NU menyatakan Indonesia sudah kategori darurat radikalisme, di samping darurat narkoba dan LGBT," urainya.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1628 seconds (0.1#10.140)