Tolak Sampah, Warga Blokade Jalan Masuk TPA Darupono Kendal

Rabu, 23 Oktober 2019 - 15:32 WIB
Tolak Sampah, Warga Blokade Jalan Masuk TPA Darupono Kendal
warga Kaliwungu Selatan, Kendal, Jawa Tengah menghadang truk sampah yang hendak masuk ke TPA Darupono. FOTO/iNews/EDDIE PRAYITNO
A A A
KENDAL - Belasan warga Kaliwungu Selatan, Kendal, Jawa Tengah menghadang truk sampah yang hendak masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Darupono. Truk diminta membuang sampah di tempat lain lantaran TPA Darupono sudah penuh.

Aksi blokade jalan dilakukan karena seluruh sampah dibuang ke TPA Darupono menyusul penutupan TPA Pagergunung oleh Pemkab Kendal lantaran diprotes warga. Warga khawatir bau busuk semakin meluas karena sampah telah menggunung di TPA Darupono.

Warga sempat terlibat adu mulut dengan sopir truk sampah. Mereka meminta sampah yang biasanya dibuang di TPA Pagergunung tidak dibawa ke TPA Darupono. Sebab, akan menambah jumlah sampah di TPA Darupono dan menimbulkan bau tidak sedap. Truk yang biasa membuang sampah di TPA Darupono tetap diizinkan bongkar, tapi truk yang biasa membuang sampah di TPA Pagergunung tidak diperbolehkan.

"Penutupan TPA Pagergunung yang tidak diikuti dengan lokasi baru menjadi masalah baru," kata salah satu warga, Miskan, Rabu (23/10/2019).

Tidak hanya bersitegang dengan sopir truk, warga juga terlibat adu mulut dengan Camat Kaliwungu Selatan dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kendal. Warga tetap menolak truk yang biasa membuang di TPA Pagergunung untuk tidak membongkar di TPA Darupono.

Menanggapi aksi hadang warga, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kendal, Sri Purwati mengatakan, pemerintah sudah menyiapkan lahan baru setelah penutupan TPA Pagergunung. Namun lahan baru ini masih membutuhkan akses jalan truk dan pagar pembatas agar sampah tidak berserakan.

"Sudah kami siapkan tapi akses jalan dan pagar belum jadi," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3369 seconds (0.1#10.140)