alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Dua Periode Dipegang Sipil, Kini Kemendagri Kembali Dikomandoi Jenderal

Dita Angga Rusiana
Dua Periode Dipegang Sipil, Kini Kemendagri Kembali Dikomandoi Jenderal
Jenderal (Pol) Tito Karnavian dipercaya Presiden Jokowi sebagai Mendagri.Foto/SINDOphoto/Dok

JAKARTA - Setelah 2 periode dipimpin oleh tokoh-tokoh sipil, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) kembali dikomandoi jenderal. Kali ini yang dipercaya Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjabat menteri dalam negeri (Mendagri) adalah mantan Kapolri Tito Karnavian.

"Kemudian Bapak Mohammad Tito Karnavian sebagai Menteri Dalam Negeri," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Halaman Istana Merdeka, Rabu (23/10/2019).

Tito pun diminta untuk melakukan sinergi dengan pemerintah daerah (pemda).
"Sinergi dengan pemerintah daerah mengenai data kependudukan, E-KTP ada di bawah kewenangan beliau. Termasuk kepastian hukum di daerah dan berkaitan dengan investasi," ujarnya.



Seperti diketahui pada tahun 2009-2014, Kemendagri dipimpin oleh sipil yakni Gamawan Fauzi. Gamawan merupakan mantan Gubernur Sumatera Barat (Sumbar). Dia juga sempat menjabat sebagai Bupati Solok.

Sementara di periode 2014-2019, Kemendagri dipimpin oleh Tjahjo Kumolo. Tjahjo merupakan Politikus PDI Perjuangan. Dia merupakan mantan Sekjen PDI Perjuangan dan Mantan anggota DPR lima periode.

Sebelum Gamawan, Kemendagri memang kerap diisi oleh jenderal-jenderal. Terakhir antara lain Mayjen TNI (purn) Mardiyanto, Laksamana TNI (purn) Widodo Adi Sutjipto, Letjen TNI (purn) Mohammad Maruf, dan Letjen (purn) Hari Sabarno



(mif)

loading...