alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Gunung Sumbing Terbakar Lagi

Angga Rosa
Gunung Sumbing Terbakar Lagi
Asap putih terlihat membumbung ke udara dari lereng Gunung Sumbing, Selasa (22/10/2019). Foto/IST

TEMANGGUNG - Hutan lindung Gunung Sumbing tepatnya di petak 27-2 RPH Kemloko, BKPH Temanggung, KPH Kedu Utara pada Selasa (22/10/2019) terbakar. Hingga pagi ini, kebakaran hutan di wilayah Desa Tanggulanom, Kecamatan Selopampang, Kabupaten Temanggung itu, terpantau belum padam.

Plt Kepala BPBD Kabupaten Temanggung Gito Walngadi menjelaskan, kebakaran diketahui pada 22 Oktober 2019 sekira pukul 07.00 WIB. “Pada pukul 07.00 WIB petugas perhutani menerima laporan dari MPA Taruna Agni Banaran yang melaporkan adanya kepulan asap di lereng gunung. Diperkirakan asap berasal dari kayu yang terbakar dalam pada hari Senin. Hingga saat ini api belum padam,” kata Gito saat dihubungi SINDOnews, Rabu (23/10/2019).

Mendapat laporan tersebut, sejumlah petugas yang tergabung dalam tim gabungan langsung menuju lokasi titik api. Namun tim tidak melakukan pemadaman lantaran lokasi kebakaran berada di tebing dan jumlah personel terbatas.



“Kemarin siang ada sejumlah personel yang naik dan melakukan pemadan. Namum kebakaran belum bisa dipadamkan dan hari ini sejumlah personil akan melakukan pemadaman di petak 27-2 melalui jalur Sreyal,” ujarnya.

Menurut Gito, luas hutan yang terbakar di petak 27-2 mencapai 3 hektare. Saat ini api mengarah ke wilayah Magelang dan petak 26-1. “Kami sudah melakukan koordinasi dengan Muspika Kecaman Tembarak dan Muspika Kecamatan Selopampang untuk pengerahan sumber daya masyarakat desa di wilayah pangkuan hutan untuk memadamkan kobaran api di hutan Gunung Sumbing,” tandasnya.



(mif)

loading...