alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Hendi Ajak Santri Investasi Nama dengan Meraih Prestasi

Ahmad Antoni
Hendi Ajak Santri Investasi Nama dengan Meraih Prestasi
Peringatan Hari Santri Nasional 2019 tingkat Kota Semarang di Balai Kota Semarang, Selasa (22/10/2019). FOTO: SINDOnews/Ahmad Antoni

SEMARANG - Ribuan santri dari berbagai Pondok Pesantren, Madrasah dari berbagai tingkatan hingga kiai mengikuti upacara peringatan Hari Santri Nasional (HAN) 2019 di Halaman Balai Kota Semarang, Selasa (22/10/2019). Mereka tampak khidmat mengikuti rangkaian upacara hingga berakhir.

Saat membacakan sambutan Menteri Agama, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menyampaikan, sejak ditetapkannya Hari Santri pada tahun 2015, peringatan Hari Santri selalu diperingati dengan tema yang berbeda setiap tahunnya.

"Secara berurutan pada tahun 2016 mengusung tema "Dari Pesantren untuk Indonesia", tahun 2017 "Wajah Pesantren Wajah Indonesia", dan tahun 2018 "Bersama Santri Damailah Negeri, pada Hari Santri 2019 mengusung tema "Santri Indonesia untuk Perdamaian Dunia," kata wali kota yang akrab disapa Hendi ini.



Dia mengungkapkan, isu perdamaian diangkat berdasar fakta bahwa sejatinya pesantren adalah laboratorium perdamaian. Karena pesantren merupakan tempat menyemai ajaran Islam rahmatan lilalamin, Islam ramah dan moderat dalam beragama.

Menurutnya, sikap moderat dalam beragama sangat penting bagi masyarakat yang plural dan multikultural. “Dengan cara seperti inilah keragaman dapat disikapi dengan bijak serta toleransi dan keadilan dapat terwujud. Semangat ajaran inilah yang dapat menginspirasi santri untuk berkontribusi merawat perdamaian dunia," tandasnya.

Sebab itu, dia berharap kepada anak-anak muda sekarang, khususnya di Semarang dan tak terkecuali para santri, ini bisa melakukan investasi nama dengan cara meraih prestasi di bidang pendidikan, keilmuan, keterampilan olahraga, seni budaya dan sebagainya.



(nun)

loading...