Tipu Wanita Solo, Vokalis Band asal Bandung Ditangkap Polisi

Kamis, 24 Januari 2019 - 19:00 WIB
Tipu Wanita Solo, Vokalis Band asal Bandung Ditangkap Polisi
Tersangka Donny Hariawan (tiga dari kiri) ditunjukkan kepada awak media di Mapolsek Laweyan, Solo, Kamis (24/1/2019). FOTO/SINDOnews/ARY WAHYU WIBOWO
A A A
SOLO - Donny Hariawan, warga Kelurahan/Kecamatan Cangkuang, Bandung, Jawa Barat harus berurusan dengan polisi karena diduga melakukan penipuan terhadap Aldita Prabandari (28), warga Kecamatan Laweyan, Solo . Sebuah Iphone 6S berhasil digondol pria berusia 38 tahun itu sebelum akhirnya ditangkap petugas Polsek Laweyan, Solo.

Kejadian itu berawal ketika korban menjual Iphone 6S secara online pada 15 Januari lalu. Singkat cerita, korban ditelepon pelaku yang mengaku ingin membeli handphone yang dijual. "Setelah itu, tersangka datang ke rumah korban dan handphone disepakati dibeli seharga Rp4,1 juta," kata Kapolsek Laweyan, Kompol Ari Sumarwono di Solo, Jawa Tengah, Kamis (24/1/2019).

Kala itu, pelaku berdalih membayar melalui SMS banking salah satu bank ke rekening suami korban. Selanjutnya, pelaku menunjukkan SMS bahwa transfer telah dikirim. Padahal, SMS itu ternyata adalah palsu dan hanya akal-akalan pelaku untuk mengelabui korban.

Selanjutnya, pelaku membawa handphone milik korban yang sebelumnya dijual lewat online. Sejurus kemudian, korban menghubungi suaminya dan menanyakan apakah ada transfer senilai Rp4,1 juta. Setelah diketahui tidak ada transfer, korban yang merasa menjadi korban penipuan langsung melapor ke polisi.

Berbekal keterangan dan petunjuk yang diberikan korban, polisi berhasil melacak identitas pelaku. Donny kemudian berhasil dibekuk di wilayah Semarang. Pria yang keseharian bekerja menjadi vokalis grup band lokal di Bandung itu digelandang ke kantor polisi bersama sejumlah barang bukti yang dipakai untuk beraksi.

Donny yang ditetapkan sebagai tersangka, saat di kantor Polisi mengaku, selain beraksi di Solo dirinya juga pernah melakukan aksi serupa di Semarang. Total ada tiga orang yang menjadi korban aksi kejahatannya. "Saya melakukannya untuk memenuhi kebutuhan," kata Donny. Pria beranak tiga ini mengaku jika modus yang dipakai adalah idenya sendiri.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.7415 seconds (0.1#10.140)