Kekeringan Meluas, Ribuan Santri Rembang Salat Istisqa Minta Hujan

Selasa, 22 Oktober 2019 - 12:16 WIB
Kekeringan Meluas, Ribuan Santri Rembang Salat Istisqa Minta Hujan
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo ikut salat meminta hujan (istisqa) bersama warga dan pejabat di Alun-Alun Kabupaten Rembang usai upacara Hari Santri Nasional, Selasa (22/10/2019). FOTO/DOK.HUMAS PEMPROV JATENG
A A A
REMBANG - Ribuan santri dan masyarakat Rembang melaksanakan salat istisqa, berdoa memohon curahan hujan. Salat digelar di Alun-Alun Kabupaten Rembang setelah upacara peringatan Hari Santri Nasional, Selasa (22/10/2019).

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang turut mengikuti salat istisqa mengatakan, sebagian besar wilayah Jawa Tengah saat ini masih dilanda kekeringan. Meski sempat turun hujan, tapi intensitasnya masih sangat rendah.

"Sekarang kita berkumpul dengan para santri, kiai dan masyarakat untuk memohon agar segera diberi curah hujan," kata Ganjar.

Untuk mengatasi kekeringan tersebut, Ganjar menyampaikan upaya secara fisik telah dilakukan. Melengkapi itu, upaya batin atau spiritual juga dilakukan. Bukan kali ini saja, pada Jumat 18 Oktober juga dilaksanakan salat istisqa di Masjid Agung Jawa Tengah.

"Setelah upaya fisik, kita juga melakukan upaya batin, spiritual. Boleh percaya boleh tidak, kemarin alhamdulilah (di Semarang dan sekitarnya) hujan," katanya.

Ganjar berharap dengan upaya fisik dan spiritual tersebut hujan akan segera turun. Meskipun telah diprediksi bakal diguyur pada akhir Oktober, Ganjar mengatakan terus berupaya agar kekeringan di wilayahnya tidak menimbulkan permasalahan serius.

"Semoga akhir Oktober hujan turun. Kemarin juga telah koordinasi dengan BMKG, mereka bilang akhir Oktober bakal turun hujan," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.3586 seconds (0.1#10.140)