alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kenalkan Robot Sejak Dini Melalui Kompetisi Robotic

Priyo Setyawan
Kenalkan Robot Sejak Dini Melalui Kompetisi Robotic
Ketua Prodi Teknik Elektro FTI UII, Yusuf Aziz Amrulloh memberikan keterangan soal kompetisi robotic tingak SD-SMP di UII, Senin (21/10/2019). Foto : SINDOnews/Priyo Setyawan

YOGYAKARTA - Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia (FTI UII) bekerjasama dengan UB-Tech menggelar kompetisi robotic nasional bagi pelajar SD dan SMP tingkat DIY 2019.

Kegiatan itu berlangsung di gedung olahraga Ki Bagus Hadikoesoemo kampus terpadu UII, Sabtu-Minggu (19-20/10/2019). Sebanyak 40 tim mengikuti kegiatan ini.

Kompetisi terbagi dalam lima kategori, yaitu kategori smart collector ( usia 9-10 tahun), smart complier (usia 11-12 tahun), smart factory (usia 13-18 tahun) serta smart soccer bot SD dan soccer bot SMP. Para juara tiap kategori nantinya akan mengikuti kompetisi di tingkat nasional mewakili DIY.



Ketua Program Studi Teknik Elektro, Yusuf Aziz Amrulloh mengatakan kegiatan ini bukan hanya sekedar mencari pemenagan dari berbagai kategori, namun yang lebih penting lagi untuk mengenalkan teknologi robotika sejak dini ke masyarakat. Sehingga dalam kompetisi ini, juga mencakup bidang riset pengembangan teknologi robotika.

“Dalam waktu dekat, kami juga akan mengembangkan riset di bidang pengenalan suara (speech recognition) supaya robot bisa berinteraksi dalam Bahasa Indonesia," kata Yusuf soal kompetisi robitik tersebut di kampus terpadu UII, Jalan Kaliurang Km 14,5, Ngaglik, Sleman, Senin (21/10/2019).

Yusuf menjelaskan dengan prediksi penggunaan robot yang semakin meluas di Indonesia, riset ini akan mempermudah interaksi manusia dan robot. Sehingga penggunaan robot dapat dioptimalkan untuk membantu mempermudah keperluan manusia.

Artificial Intelligence (AI) and Robotics Engineer UBTech Bindran Rivaliano menambahkan peserta kompetisi sangat cepat mengenal cara kerja robot. Terbuki peserta dapat dengan cepat menyusun robot yang akan dilombakan. Sehingga robot yang mereka ciptakan dapat mengerjakan pekerjaan rumit dengan cepat.

“Sebelun praktik, peserta diberi kesempatan open praktis pada tanggal 12-13/10/2019 dan 19/10/2019 dan baru merangkai robot, 20/10/2019,” terangnya.



(nun)

loading...