alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

SMAN 1 Kendal Wajibkan Siswa dan Guru Membaca Sebelum Belajar di Kelas

Eddie Prayitno
SMAN 1 Kendal Wajibkan Siswa dan Guru Membaca Sebelum Belajar di Kelas
Siswa-siswi SMAN 1 Kendal membaca surat kabar di halaman sekolah saat pencanangan gerakan literasi Smanik Membaca Menggenggam Dunia, Senin (21/10/2019). FOTO/iNews/EDDIE PRAYITNO

KENDAL - SMA Negeri 1 Kendal, Jawa Tengah mulai mewajibkan siswa dan guru membaca sebelum kegiatan belajar mengajar (KBM) dilaksanakan. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan minat baca di kalangan pelajar dan pengajar.

Pencananangan gerakan literasi ditandai dengan membaca surat kabar bersama-sama di halaman SMAN 1 Kendal, Senin (21/10/2019). Siswa dan guru tampak asyik membaca surat kabar dengan duduk lesehan atau sambil berteduh di bawah pohon rindang. Harapannya dengan gerakan ini, seluruh warga SMAN 1 Kendal lebih mencintai literasi dan menjadi kebiasaan sehari-hari.

"Kegiatan ini sangat positif, karena selain menumbuhkan minat baca, siswa bisa menambah pengetahuan umum lewat apa yang dibaca," kata salah satu siswa SMAN 1Kendal, Fika Meila Amanda, Senin (21/10/2019).



Kepala SMAN 1 Kendal, Yuniarsih mengatakan, gerakan literasi dengan tema "Smanik Membaca Menggenggam Dunia" untuk membiasakan siswa dan guru untuk terus membaca. Dengan membaca, maka setiap orang bisa mengetahui melihat dan memahami perkembangan yang ada serta menambah wawasan.

"Gerakan literasi sekolah dilaksanakan mulai pukul 06.45 hingga pukul 07.00 WIB sebelum jam pelajaran dilaksanakan. Setiap harinya siswa membaca buku di dalam kelas dan saat jam pertama pelajaran, guru meminta laporan dari siswa tentang buku yang dibaca," katanya.



(amm)

loading...