alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

PDIP Dipastikan Dapat Jatah Kursi Menteri Terbanyak

Abdul Rochim
PDIP Dipastikan Dapat Jatah Kursi Menteri Terbanyak
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto memberikan sambutan di sela tasyakuran pelantikan Jokowi-KH Maruf Amin sebagai Presiden-Wakil Presiden di Tugu Proklamasi, Jakarta, Minggu (20/10). Foto/SINDOnews/Rakhmatulloh

JAKARTA - Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto memastikan PDI Perjuangan sebagai pemenang pemilu dan parpol utama pengusung Joko Widodo (Jokowi)-KH Maruf Amin mendapatkan jatah kursi menteri terbanyak dalam periode kedua kepemimpinan Jokowi.

Namun, Hasto tidak menyebut berapa jumlahnya termasuk nama-nama menteri dari PDIP. Hasto hanya memberkan bocoran bahwa ada sosok menteri yang saat ini duduk di jajaran DPP PDIP. "Tapi yang jelas bukan HK. Saya urus partai saja," katanya di sela tasyakuran pelantikan Jokowi-KH Maruf Amin di Tugu Proklamasi, Jakarta, Minggu (20/10/2019).

Hasto mengatakan bahwa dalam seminggu ini Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sudah dua kali bertemu dengan Jokowi. Termasuk untuk membahas mengenai posisi menteri. Hasto pun meyakini hal serupa juga sudah dilakukan bersama ketua umum parpol Koalisi Indonesia Kerja (KIK) lainnya.



"Menteri adalah pembantu presiden yang memiliki tanggungjawab lima tahun. Ini akan segera disampaikan besok. Hal tersebut telah memperhatikan dialog dengan parpol dan profiling. Semoga Pak Jokowi memilih menteri yang betul-betul bekerja, bukan karena ambisi kekuasaan. Kami percaya Pak Jokowi memilih menteri terbaik," tuturnya.

Hasto memastikan bahwa susunan kabinet telah rampung dan tidak banyak perubahan nomenklatur dibandingkan periode sebelumnya dalam Kabinet Kerja I. "Nama-nama sudah kami serahkan, tapi sekali lagi itu hak prerogratif Pak Presiden," katanya.

Hasto menegaskan bahwa soal nama-nama menteri tidak elok jika dirinya menyampaikan kepada publik. "Kami kurang elok sampaikan soal jatah kursi, tapi PDIP terbanyak, dan itu akan kami anggap sebagai komitmen PDIP untuk mengawal pemerintahan Pak Jokowi-Kiai Maruf Amin," urainya.

Dirinya juga mengatakan bahwa di antara menteri juga ada sosok kepala daerah dan profesional yang selama ini sudah berkeringat untuk kemenangan Jokowi-KMA. "Ini harus diakomodasi kan juga, tetapi semua harus dicari yang terbaik. Kita mencari menteri yang betul-betul harus bekerja keras yang punya kepemimpinan yang mengakar dan kuat baik di profesinya maupun kepemimpinan yang didasarkan pada rekam jejak yang menunjukkan kualifikasi bagi kemajuan Indonesia," tuturnya.



(nun)

loading...