alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Warga Sidokumpul Patean Wadul Bupati Minta Pemekaran

Edi Prayitno
Warga Sidokumpul Patean Wadul Bupati Minta Pemekaran
Warga Sidokumpul Patean meminta pemekaran dan jalan saat berdialog dengan bupati. FOTO: iNews.id/Edi Prayitno

KENDAL - Kesempatan bertemu dengan Bupati Kendal dimanfaatkan warga Dusun Cipluk Desa Sidokumpul Patean Kendal untuk menyampaikan uneg-uneg-nya. Warga meminta ada pemekaran desa dan pembangunan jalan yang tidak pernah dilakukan Pemkab Kendal.

Wacana ini dilontarkan salah satu warga saat Ngobrol Penuh Inspirasi (Ngopi) Bareng Bupati dr Mirna Annisa, M.Si., dengan tema “Mbangun Desa Menuju Kendal Permata Pantura” di Dusun Cipluk Desa Sidokumpul, Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Sabtu malam (19/10).

Pada dialog tersebut, Pujiono, warga Desa Sidokumpul mengusulkan adanya pemekaran desa, karena terlalu banyak penduduk, yaitu ada 14 dusun, 48 RT, 13 RW denga 10.000 jiwa. "Jumlah warga disini sudah terlalu banyak, akses dusun yang jauh dari pusat desa menjadikannya tidak diperhatikan," katanya.



Sementara Turiyo warga Dusun Cipluk Barat meminta bangunanan infrastruktur jalan Cipluk Barat sampai ke Sojomerto. "Akses terdekat kami warga Cipluk adalah lewat Sojomerto tapi jalannya rusak parah," katanya.

Semua usulan dari warga langsung ditanggapi oleh Bupati Kendal Mirna Annisa. Diamengatakan untuk pemekaran desa pada dasarnya bisa saja namun harus dikoordinasikan dulu ke pemerintah desa, kecamatan, pemerintah daerah, provinsi dan pemerintah pusat.

“Jika pemekaran ini dasarnya kesejahteraan karena Dana Desa yang kurang untuk dibagi ke dusun-dusun, alangkah baiknya jika masyarakat bisa melihat Pemkab Kendal yang setiap tahun pendapatannya terus meningkat. Hal inilah yang harus ditiru oleh masyarakat, karena berpikir tentang kesejahteraan bukan sekedar pemekaran, tapi bagaimana kita melakukan kesejahteraan berawal dari cara pola pikir kita sendiri,” jelasnya.

Terkait dengan pembangunan insfratruktur jalan, Bupati Mirna menyampaikan, salah satu tujuan dirinya beserta rombongan hadir di Dusun Cipluk Desa Sidokumpul untuk mengetahui secara langsung pembangunan apa yang menjadi prioritasnya.

“Tujuan kami ke sini untuk melihat apa yang memang dibutuhkan oleh warga. Terkait pembangunan Infrastruktur jalan, insaAllah tahun depan pembangunan jalannya sudah dimulai, karena statusnya sudah dinaikan yang tadinya jalan desa menjadi jalan Kabupaten,” ungkapnya.

Dalam acara itu diawali dengan barikan (makan bersama) hasil bumi sebagai wujud rasa syukur Warga Dusun Sidokumpul atas pemberian segala rahmad dari Allah SWT.

Acara diakhiri dengan penyerahan bantuan sembako dan 51 kaleng cat kepada warga, uang pembinaan sebesar Rp5 juta dan bantuan alat olahraga untuk Pemuda Karang Taruna, serta bantuan bibit avocado dan kelapa kepada Pemeritahan Desa Sidokumpul.



(nun)

loading...