Festival Pesona Lokal 2019 Angkat Potensi Budaya Daerah

Sabtu, 19 Oktober 2019 - 21:40 WIB
Festival Pesona Lokal 2019 Angkat Potensi Budaya Daerah
Berbagai ragam budaya dan kearifan lokal, baik di DIY maupun Jawa Tengah, ditampilkan dalam Festival Pesona Lokal 2019. FOTO/iNews/KUNTADI.
A A A
YOGYAKARTA - Adira Finance bekerja sama dengan RCTI dan Kementerian Pariwisata menggelar Festival Pesona Lokal di Alun-alun Utara, Yogyakarta, Sabtu (19/10/2019). Berbagai ragam budaya dan kearifan lokal baik di DIY maupun Jawa Tengah ditampilkan dalam event ini. Karnaval budaya yang ditampilkan sejumlah cabang Adira menjadi daya tarik bagi pengunjung.

"Ini tahun ketiga kami gelar, dan tahun ini salah satunya dilaksanakan di Yogyakarta," kata Direktur Utama Adira Finance Hafid Hadeli di sela pembukaan.

Menurutnya, kegiatan ini mengusung tema "Rasakan Sensasi Lokal". Tujuannya untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap budaya lokal dan mempromosikan agar bisa diangkat menjadi potensi unggulan.

Karnaval ini diiiuti lebih dari 700 peserta yang menampilkan potensi daerah. Tidak hanya baju adat, tapi juga menampilkan musik tradisional hingga pertunjukkan khas daerah.

Selain parade karnaval budaya, juga dilaksanakan lomba tari kontemporer, lomba desain motif khas, lomba melukis topeng kayu, dan pameran produk UMKM. "Ada puluhan booth UMKM yang memajang produk mereka di samping kuliner," katanya.

Kepala Wilayah area Jawa Tengah Adira Finance, Irfan Budianto mengatakan pesona lokal ini menjadi ajang berkumpulnya masyarakat. Tidak hanya dari keluarga besar Adira, tapi masyarakat Yogyakarta dan wisatawan yang sedang berkunjung juga disuguhi berbagai atraksi budaya. Bahkan ada sejumlah stan kuliner yang menarik untuk dicicipi. "Ada juga area test drive bagi masyarakat yang ingin menjajal motor," katanya.

Bagi peserta karnaval budaya, disediakan hadiah utama untuk tiga pemenang dengan total hadiah Rp40 juta. Sedangkan lomba tari kontemporer juara utamanya berhak atas hadiah uang tunai Rp5 juta dan juara favorit Rp2 juta. Sedangkan untuk lomba desain khas lokal kontemporer disediakan hadiah untuk tiga pemenang dengan total Rp6 juta. Begitu juga kompetisi selebgram juga ada hadiahnya.

"Semoga ini menjadi acara tahun ikonik yang mampu menambah daya tarik wisatawan," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.7617 seconds (0.1#10.140)