alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Ini Kapal Selam Paling Canggih Milik Rusia

Berlianto
Ini Kapal Selam Paling Canggih Milik Rusia
Ilustrasi/Istimewa

MOSKOW - Kapal selam rudal balistik bertenaga nuklir (SSBN) generasi keempat RusiaS mendapat perhatian serisu pakar militer Amerika Serikat (AS), Sebastian Roblin. Dalam sebuah opininya untuk majalah National Interest, Roblin bahkan mengatakan kapal selam kelas Borei itu sebagai senjata kiamat sejati Rusia.

"Tujuan utama kapal selam kelas Borei adalah sebuah kesuraman yang tidak bisa dibayangkan: membawa kehancuran ke kota-kota musuh, bahkan jika pasukan nuklir lain dihancurkan dalam serangan pertama," klaimnya seperti dikutip dari Sputnik, Sabtu (19/10/2019).

Ia pun mengingat bahwa kapal selam serupa dimiliki oleh Amerika Serikat, China, Prancis, Inggris, dan India.



Roblin menyebut Borei sebagai SSBN paling canggih di Angkatan Laut Rusia. Kapal selam itu dipersenjatai dengan 16 rudal balistik antarbenua Bulava (Mace) R-30 yang masing-masing membawa enam hulu ledak 150 kiloton yang ditargetkan secara individual, yang dirancang untuk membelah dan mencapai target yang terpisah.

“Bulava memiliki lintasan penerbangan yang sangat dangkal, membuatnya lebih sulit untuk dicegat, dan dapat ditembakkan ketika Borei bergerak. Rudal 40 ton dapat mengerahkan hingga 40 umpan untuk mencoba mengalihkan tembakan rudal defensif dengan sistem rudal anti-balistik seperti sistem Midcourse Defense berbasis-darat di Alaska,” terangnya.

Ia juga secara khusus berfokus pada lambung kapal selam yang ramping sepanjang 170 meter dan dilapisi karet peredam suara, sesuatu yang membantu memenuhi tujuan utama Borei agar tetap tidak terdeteksi cukup lama untuk melepaskan daya tembaknya yang menakutkan.

"Pada akhirnya, Borei dirancang untuk standar siluman akustik yang lebih tinggi daripada desain era Soviet, dan lebih mampu menghindari musuh yang mendapatkan tanda tentang posisinya," katanya.

Secara terpisah, ia menyentuh sistem propulsi jet sub yang memungkinkan bagi Borei untuk tetap tenang luar biasa sambil melaju di dekat kecepatan bawah air maksimum tiga puluh knot.

"Ini mungkin membuat Borei lebih tenang, dan mampu tetap terpisah pada kecepatan yang lebih tinggi, daripada kapal selam kelas-Ohio yang didorong baling-baling," Roblin menegaskan.

Ia menunjuk tiga kapal selam Borei yang saat ini telah mengapung yaitu Yuri Dolgoruky melayani Armada Utara, Alexander Nevsky dan Vladimir Monomakh bersama pangkalan Vilyuchinsk Armada Pasifik di Semenanjung Kamchatka.

Selain itu, Roblin juga merujuk pada upaya Rusia untuk mengembangkan kapal selam Project 955A Borei-II/Borei-A yang akan memiliki karakteristik lebih maju dibandingkan dengan versi sebelumnya.

Sebagai contoh, kapal selam utama seperti itu yaitu Knyaz Vladimir akan ditugaskan sebelum akhir tahun ini dan akan dilengkapi dengan kemampuan pertempuran modern, sensor dan sistem komunikasi, serta siluman akustik yang lebih baik dan daya hunian kru.

Dalam konteks ini, ia mengutip sumber Rusia yang tidak disebutkan namanya yang mengatakan bahwa kapal selam baru ditingkatkan untuk "mengurangi waktu peluncuran ke minimum".

Dia menyimpulkan dengan mengklaim bahwa pengembangan SSBN dan kapal selam kelas-Khabarovsk, yang sekarang setengah dari kekuatan pencegah nuklir berbasis laut masa depan Rusia bersama dengan kapal Borei, menunjukkan bahwa Moskow, tampaknya, akan seperti sedikit lebih redundansi dalam kemampuannya untuk mengatasi kemungkinan konflik nuklir.

Sementara itu surat kabar Rusia, Izvestia, mengutip sumber Staf Umum Angkatan Laut Rusia yang mengatakan bahwa kapal selam serang kelas Borei baru Knyaz Oleg, akan bergabung dengan Armada Pasifik Rusia pada tahun 2020. Kapal tersebut akan ditempatkan di Kamchatka, yang sumber mengatakan, menambahkan bahwa krunya telah dilatih dan sedang menunggu peluncurannya di kota Severodvinsk.



(nun)

loading...