alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kunjungi Solo, Wapres China Nostalgia Masa Lalu

Ary Wahyu Wibowo
Kunjungi Solo, Wapres China Nostalgia Masa Lalu
Wapres China Wang Qishan saat jamuan makan malam di Loji Gadrung Solo, Jumat (18/10) malam bersama Wagub Jawa Tengah, Taj Yasin dan Wakil Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo. FOTO/SINDOnews/Ary Wahyu Wibowo

SOLO - Wakil Presiden (Wapres) China Wang Qishan sangat menikmati suasana Kota Solo dalam kunjungannya, Jumat (18/10/2019). Selain mendatangi Museum Purbakala Sangiran, Wang Qishan juga mendatangi bendung karet Tirtonadi, hingga mendengarkan lagu Bengawan Solo.

Saat jamuan makam malam di Loji Gandrung (rumah dinas Wali Kota Solo) pada Jumat malam, Wang Qishan disambut dengan Tarian Gambyong. Jamuan makan malam diiringi musik gamelan. Duduk satu meja bersama Wapres China, Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin, dan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo (Rudy).

Setelah sambutan Wakil Gubernur Jateng, jamuan makan malam dimulai dan alunan musik gamelan yang membawakan lagu Bengawan Solo dinyanyikan. Spontan, Wang Qishan langsung beranjak dan berjalan menuju para penabuh gamelan dan sindennya. Ia melihat dan mendengarkan dari dekat ketika gamelan ditabuh dan sinden bernyanyi lagu ciptaan sang maestro Gesang tersebut. Selama jamuan makan malam berlangsung, musik gamelan terus ditabuh dengan membawakan lagu-lagu khas Jawa. Tari-tarian tradisional juga disajikan.



Dalam prosesi perjamuan, Wapres China tidak memberikan sambutan atau pernyataan pers kepada wartawan. "Beliau teringat tahun 1960 pernah datang ke sini (Solo)," kata Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo (Rudy) usai acara, Jumat (18/10) malam.

Ketika itu, Wang Qishan masih kecil dan berumur 10 tahun. Bahkan, Wapres China juga bisa menyanyikan lagu Bengawan Solo.

Setelah kunjungan ke Solo, Wapres China dijadwalkan akan bertemu Presidan Joko Widodo (Jokowi) di Jakarta. Dengan melihat langsung tanah kelahiran Presiden Jokowi, tentunya dalam pertemuan nanti bisa nyambung ketika berbicara tentang Solo.

Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin mengatakan, Wapres China sangat menyukai lagu Bengawan Solo. "Beliau juga sering menyanyikan lagu Bengawan Solo tapi versi mandarin," ujar Taj Yasin. Sebelumnya, Wapres China juga mengunjungi Museum Purbakala Sangiran, di Kabupaten Sragen.

Dalam pembicaraan, Wapres China juga diterangkan mengenai pendopo yang terbuat dari kayu jati. “Mereka tertarik dan mengatakan bahwa bermacam-macam kayu didatangkan dari Jawa Tengah," katanya.

Dalam kesempatan itu, Taj Yasin juga menerangkan tentang investasi di wilayahnya. Pihaknya sangat berharap dengan kedatangan Wapres China, dapat menarik investor dari negara tersebut. Wapres China diharapkan dapat menyampaikan kepada pengusaha di Negeri Tirai Bambu, Jawa Tengah sangat ramah investasi.

"Permasalahan di Jawa Tengah bisa diurai dengan kedamaian dan kegotongroyongan," katanya.



(amm)

loading...