Polwan-Polwan Cantik Pengendali Motor Gede 1.600 CC

Jum'at, 18 Oktober 2019 - 16:18 WIB
Polwan-Polwan Cantik Pengendali Motor Gede 1.600 CC
Bripda Etna Yesi, anggota Denok Candi Polda Jateng mahir mengendarai motor gede berkapasitas mesin 1.600 cc. FOTO/iNews/TAUFIK BUDI
A A A
SEMARANG - Deru suara barisan motor gede (moge) terdengar meraung dengan sejumlah atraksi yang apik. Bukan saja berjalan zigzag, melainkan juga meliuk-liuk hingga seperti ular yang bergerak mengejar mangsa. Terlihat garang.

Namun jangan salah, moge-moge itu ternyata dikendarai polisi wanita (polwan) Ditlantas Polda Jateng. Di balik tubuh tinggi semampai dengan senyum yang mengulas di bibir, mereka memiliki kekuatan luar biasa mengendalikan motor-motor besar 1.600 cc.

Di antaranya adalah Bripda Etna Yesi (25). Perempuan cantik asal Pati yang setahun terakhir menjadi anggota tim moge Polda Jateng, Denok Candi. Dia terlihat cekatan mengoperasikan moge, mulai dari atraksi zigzag yang meliuk-liuk hingga membentuk lingkaran besar dan kecil.

"Mungkin belum ada setahun di tim ini. Awalnya bergabung ya karena tertarik. Kan biasanya moge itu dipakai pria, nah saya jadi tertantang untuk bisa ikut mengendarainya," kata Etna, Jumat (18/10/2019).

Polwan-Polwan Cantik Pengendali Motor Gede 1.600 CC


Dia mengaku awalnya sempat kesulitan untuk mengendarai moge. Apalagi sebelum bergabung dengan Denok Candi, dia hanya menjajal sepeda motor berkopling yang banyak dipakai warga.

"Kalau naik motor laki ya pernah, bisa. Tapi untuk moge baru kali ini ketika bergabung dalam tim. Saat latihan ya pernah jatuh, tapi malah semangat agar lebih cepat terampil. Kita rutin latihan," katanya seraya memamerkan senyum manisnya.

Perempuan berambut sebahu itu menuturkan selain rajin berlatih, tim moge juga mesti memerhatikan lokasi ketika hendak atraksi. Tak hanya mengendarai di atas moge, mereka juga mampu berdiri di jok kendaraan yang terus berjalan.

"Misalnya untuk lapangan ya yang mendatar halur, jangan bergelombang itu bahaya. Kemudian jika membentuk cyrcle (lingkaran) dari yang besar dulu baru kemudian membentuk lingkaran kecil. Jadi jangan langsung lingkaran kecil ya," katanya.

Polwan-Polwan Cantik Pengendali Motor Gede 1.600 CC


Sementara itu, Komandan Peleton Denok Candi Polda Jateng, Ipda Dwi Maryatun mengatakan, polwan-polwan yang tergabung dalam Denok Candi telah dipilih dan memiliki kemampuan khusus. Terdapat 15 personel polwan moge yang setiap saat bisa dikerahkan untuk tugas-tugas kepolisian. Mereka pun rutin berlatih mengendarai motor gede agar semakin piawai di jalan raya. Sebab, tim moge tak hanya untuk kepentingan atraksi yang memukau penonton tetapi juga melakukan pengawalan VVIP.

"Kita perlu latihan seminggu sekali, karena memegang moge sangat sulit dibanding motor-motor biasa yang cc kecil. Ini kan motor besar dengan kapasitas cc besar, makanya kita harus sering latihan," katanya.

"Tim moge ini biasanya digerakkan pada even tertentu misalnya kampanye keselamatan berkendara, hingga untuk pengawalan VVIP (pejabat negara)," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5170 seconds (0.1#10.140)