alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Prihatin Sampah Plastik, Periskapura Inisiasi Gerakan Indonesia Bersih

kuntadi
Prihatin Sampah Plastik, Periskapura Inisiasi Gerakan Indonesia Bersih
Direktur Utama PT Angkasa Pura I, Faik Fahmi menanam pohon di Kulonprogo. FOTO/iNews.id/Kuntadi

KULONPROGO -

Persatuan Istri Karyawan Angkasa Pura I (Periskapura I), menginisiasi Gerakan Indonesia Bersih dan Peduli Lingkungan. Salah satunya dengan mengurangi penggunaan material plastik dalam peringatan HUT ke-19 yang dipusatkan di Terminal Kargo Bandara Internasional Yogyakarta (Yogyakarta International Airport), Kamis (17/10/2019).

Ketua Umum Periskapura I, Septima Faik Fahmi mengatakan Indonesia merupakan negara terbesar kedua penghasil sampah plastik di dunia. Hal ini menjadi keprihatinan dan harus bisa ditekan penggunaan baha-bahan penghasil sampah. Termasuk melakukan edukasi kepada anak-anak agar ikut peduli dan mengurangi sampah plastik.    

Gerakan Indonesia Bersih, menjadi salah satu upata untuk menekan produksi sampah. Kegiatan ini diikuti 150 orang pengurus dan anggota Periskapura I yang berasal dari 13 bandara dibawah managemen PT Angkasa Pura I. Dalam peringatan ini juga mengundang 170 orang siswa siswi dan 30 orang guru SMA/SMk di Temon, Kulonprogo. "Kami edukasi masyarakat untuk menggunakan bahan ramah lingkungan,”jelas Septima.

Dalam kegiatan ini, material yang dipakai menggunakan tumbler, dan tempat makananpun dikemas dengan besek. Bahkan beberapa ornamen yang ditampilkan sampah yang diolah. Diantaranya bekas botol kemasan yang dijadikan pot tanaman hias. Kepada para siswa juga diberikan pemahaman pengolaan sampah. “Kita juga bagikan 600 botol tumbler, 50 tong sampah kepada ketiga sekolah,”jelasnya.

Dalam rangkaian kegiatan ini, juga dilakukan penanaman 200 pohon sapu tangan di lingkungan bandara YIA. Tanaman ini bisa tumbuh rimbun agar kawasan bandara lebih teduh. Tidak kalah penting agar bisa menekan dan mencegah dampak pemanasan global. “Kita juga ingin mewujudkan lingkungan yang bersih bebas dari Korupsi,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Angkasa Pura I, Faik Fahmi mengapresiasi gerakan dari periskapura I karena bisa memberikan manfaat kepada masyarakat. Program ini selaras dengan program dan visi PT Angkasa Pura untuk senantiasa peduli terhadap lingkungan."Tanam pohon ini menjadi salah satu upaya perbaikan lingkungan,” jelasnya. 





(nun)

loading...