alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Ciptakan Aplikasi Lapor Bencana, Sleman Raih Bhumandala Award 2019

Priyo Setyawan
Ciptakan Aplikasi Lapor Bencana, Sleman Raih Bhumandala Award 2019
Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menyerahkan Bhumandala Award 2019 kepada Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun saat peringatan Hari Informasi Geospasial ke-50 di Kantor BIG, Cibinong, Bogor, Kamis (17/10/2019). FOTO/DOK.HUMAS PEMKAB SLEMAN

SLEMAN - Kabupaten Sleman mendapat Bhumandala Award 2019 dengan predikat unggulan dari Badan Informasi Geospasial (BIG). Penghargaan ini diberikan berkat pembuatan Lapor Bencana Sleman, aplikasi berbasis smartphone yang memuat informasi laporan kebencaanaan dan jarak antara pengguna dan Gunung Merapi.

Bhumandala Award diserahkan Kepala Badan Perencananan Pembanguna Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro kepada Wakil BupatiĀ Sleman Sri Muslimatun pada peringatan Hari Informasi Geospasial ke-50 di kantor BIG, Cibinong, Bogor, Kamis (17/10/2019).

Sri Muslimatun mengatakan, aplikasi Lapor Bencana Sleman merupakan pengembangan sekaligus penerapan pemanfaatan informasi geospasial dalam tata kelola pemerintahan. Pembuatan aplikasi ini juga bagian dari wujud komitmen Sleman dalam menanggulangi risiko bencana sekaligus mewujudkan Sleman Smart Regency (Kabupaten Cerdas dan Pintar) pada 2021.



"Jadi penghargaan ini bukan tujuan, tapi yang lebih penting lagi, bagaimana Sleman dapat mengambil langkah dengan cepat dan tepat ketika terjadi bencana, sehingga risiko bencana dapat diminimalisir," kata Muslimatun, Kamis (17/10/2019).

Hal yang sama diungkapkan Kepala Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) Sleman, Joko Supriyanto. Menurutnya, pembuatan aplikasi Lapor Bencana Sleman untuk mempermudah dalam pemetaan dan pengambilan langkah terkait mitigasi bencana di Sleman.

"Dengan aplikasi ini masyarakat dapat melapor dengan mengirim foto kejadian bencana. Apabila kita memasuki kawasan berbahaya dari puncak Merapi, maka HP yang ada aplikasi ini akanĀ bergetar," katanya.



(amm)

loading...