alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pembangunan Selesai, Akhir Tahun Bandara YIA Beroperasi Penuh

kuntadi
Pembangunan Selesai, Akhir Tahun Bandara YIA Beroperasi Penuh
Pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) akan selesai pada akhir tahun nanti. FOTO/INSTAGRAM/@bandarayiaterkini

KULONPROGO - Direktur PT Angkasa Pura I, Faik Fahmi optimistis pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta (Yogyakarta International Airport/YIA) akan selesai pada akhir tahun nanti. Bandara ini diharapkan langsung beroperasi penuh pada awal tahun mendatang.

"Progresnya sudah sesuai target, akhir Desember fisiknya sudah akan selesai 100%," kata Faik di Bandara YIA, Kamis (17/10/2019).

Dengan selesainya pembangunan ini, maka pada awal Januari, bandara yang terletak di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulonprogo ini sudah bisa beroperasi penuh. Setidaknya ada 140 penerbangan dari Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta yang akan digeser ke YIA. Saat ini sudah ada 32 izin penerbangan di YIA yang sudah beroperasi sejak Mei lalu.



Untuk penerbangan internasional, ditargetkan bisa dilayani mulai April 2019. Pemindahan penerbangan internasional tidak bisa secepat pemindahan domestik. Nantinya ada rekomendasi dari HIRA sebagai dasar pemindahan.

"Sementara untuk penerbangan internasional tetap di Adisutjipto, targetnya April sudah ikut pindah," katanya.

Fahmi mengatakan, Bandara YIA yang terletak di pesisir selatan Kulonprogo akan menjadi kebanggaan masyarakat DIY. Ukuran bandara cukup besar, baik dari segi kapasitas terminal maupun penerbangan. Bandara ini juga bisa didarati pesawat berbadan besar dengan panjang runway 3.250 meter.

"Bandara ini harus bisa memberikan manfaat bagi masyarakat dan pemerintah di Kulonprogo dan DIY," katanya.

Kehadiran YIA diharapkan mampu menekan angka pengangguran di Kulonprogo dari 3,7% menjadi 1,4%. Begitu juga pertumbuhan ekonomi DIY, naik dari 5,4% menjadi 10,5%.

Sementara itu, Pelaksana Tugas General Manager Bandara YIA, Agus Pandu Purnama mengatakan, setiap hari di YIA saat ini ada 26 penerbangan. Maskapai yang sudah melayani di antaranya Lions Air, AirAsia, Citilink, Garuda, dan Batik Air. "Kebanyakan adalah rute baru ke luar Jawa di samping ke Jakarta," kata Pandu.

Tingkat keterisian penumpang juga cukup bagus mencapai 50%. Dengan pemindahan pada awal tahun nanti, bandara ini akan semakin besar dan diminati penumpang.



(amm)

loading...