alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Genset Korslet, Toko Pakaian dan Sepatu di Sleman Ludes Terbakar

Priyo Setyawan
Genset Korslet, Toko Pakaian dan Sepatu di Sleman Ludes Terbakar
Petugas memeriksa toko pakaian dan sepatu di Jalan Yogya-Solo, Demangan, Caturtunggal, Depok, Sleman yang terbakar, Kamis (17/10/2019). FOTO/SINDOnews/Priyo Setyawan

SLEMAN - Lantai 2 sebuah toko busana dan sepatu di Jalan Yogya-Solo, Demangan, Caturtunggal, Depok, Sleman terbakar, Kamis (17/10/2019) sekitar pukul 10.30 WIB. Kebakaran diduga karena genset di pojok timur selatan lantai 2 korslet.

Tujuh mobil pemadam kebakaran (damkar) dari UGM, Pemkot Yogyakarta, dan Pemkab Sleman didatangkan untuk memadamkan api. Setelah sekitar satu jam, yakni pada pukul 11.30 WIB api berhasil dipadamkan.

Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut. Namun tiga rak pakaian di sisi selatan toko terbakar ludes tak tersisa. Sementara sisi utara tidak terbakar, hanya eternit di depan lantai 1 rusak. Besarnya kerugian diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah.



Toko busana dan sepatu ini memiliki empat lantai. Lantai pertama untuk sepatu, lantai 2 untuk pakaian dan tas, lantai 3 untuk gudang sepatu, dan lantai 4 untuk gudang pakaian dan tas.

Dari informasi yang dihimpun, kejadian itu berawal saat listrik di sekitar lokasi padam sekitar pukul 10.20 WIB. Setelah nyala sebentar, listrik padam lagi. Karyawan kemudian mengecek genset yang ada di lantai 2. Sebelum sampai di lokasi, terdengar teriakan kebakaran di lantai 2 disusul para karyawan lari turun ke lantai 1.

Mendengar ada kebakaran, karyawan lain mencoba naik ke atas untuk memadamkan api dengan alat pemadam portable. Namun asap yang terlalu tebal membuat sesak napas dan mengganggu upaya pemadaman. Sementara api semakin besar.

Genset Korslet, Toko Pakaian dan Sepatu di Sleman Ludes Terbakar

Kebakaran ini lalu dilaporkan ke pemadam kebakaran. Petugas Damkar dari UGM, Pemkot Yogyakarta, dan Pemkab Sleman langsung menuju lokasi untuk memadamkan api. Tercatat ada tujuh mobil damkar yang dikerahkan. Jalan di lokasi kejadian sempat ditutup untuk memudahkan proses pemadaman.

Setelah api berhasil dipadamkan, garis polisi dipasang di lokasi kebakaran. Arus lalu lintas pun kembali dibuka.

Karyawan toko, Ardiansyah (20) mengatakan, dugaan awal kebakaran dipicu genset di lantai 2 yang korslet. Sebab sebelum kejadian ada percikan api di genset yang diletakkan di sisi selatan timur lantai 2. Setelah itu api membesar dan membakar pakaian yang ada di sisi
selatan.

"Sebenarnya karyawan sudah berusaha memadamkan api dengan pemadam portable, tapi karena asapnya tebal, pernafasan terganggu, sehingga api tetap menyala dan menyambar pakaian lalu membakarnya," kata Ardi di lokasi kejadian.

Petugas kepolsian langsung melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Polisi belum bisa secara detail mengungkap penyebab kebakaran tersebut. Dugaan sementara karena genset korslet. Sebab sebelum kejadian ada percikan api dari genset dan langsung membakar. "Dugaan awal genset konslet," kata Plt Kapolsek Depok Barat, Sleman Kompol Munhamir.



(amm)

loading...