Anak SD di Salatiga Diajak Kenali Rambu Lalu Lintas Sejak Dini

Rabu, 16 Oktober 2019 - 12:01 WIB
Anak SD di Salatiga Diajak Kenali Rambu Lalu Lintas Sejak Dini
Petugas Dishub Kota Salatiga saat mengedukasi siswa SD mengenai budaya keselamatan di Taman Bendosari, Rabu (16/10/2019). Foto/SINDOnews/ANGGA ROSA
A A A
SALATIGA - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Salatiga menggelar sosialisasi kebijakan di bidang perhubungan kepada siswa Sekolah Dasar (SD) di Taman Kota Salatiga di Bendosari, Rabu (16/10/2019). Kegiatan ini bertujuan menanamkan budaya keselamatan ber lalu lintas sejak dini.

Kegiatan ini, digelar selama 6 hari dan diikuti sebanyak 600 orang siswa SD di Salatiga . Kegiatan dimeriahkan dengan permainan ular tangga lalu lintas , pengenalan rambu lalu lintas di Taman Lalu Lintas, permainan otoped dengan memperhatikan rambu serta mengenakan helm serta pembelajaran teori di Taman Kota Salatiga di Bendosari tersebut.

Kepala Dishub Kota Salatiga M Sidqon Effendi menjelaskan, menanamkan budaya keselamatan ber lalu lintas sejak dini juga menjadi tanggung jawab pemerintah. "Berlalu lintas di sini tidak selalu berarti mengendarai kendaraan, tapi sebagai pemakai jalan, misalnya pejalan kaki, ataupun pembonceng kendaraan roda dua," katanya.

Dia mengatakan, dengan pendidikan sejak dini tersebut, diharapkan saat para siswa beranjak remaja dan sudah boleh mengendarai sepeda motor mereka menjadi lebih siap dan lebih paham tentang keselamatan berlalu lintas. "Ini juga merupakan tugas dari pemerintah daerah melalui Dishub untuk membudayakan keselamatan berlalu lintas untuk masyarakat. Karena banyak kasus kecelakaan bermula dari kurangnya kesadaran akan keselamatan berlalu lintas," katanya.

Sementara itu, salah satu guru pendamping Lila Sefriani mengatakan, bahwa pihaknya menyampaikan apresiasi kepada Dishub atas terselenggaranya kegiatan tersebut. "Terima kasih kepada semua pihak yang membantu dalam kegiatan ini. Kegiatan ini membawa manfaat banyak bagi para siswa kami, yang berkesempatan belajar tidak hanya sekedar lewat teori, tapi juga praktik dan berbagai permainan," kata Guru SDN Salatiga 06 ini.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5517 seconds (0.1#10.140)