Hafal Pancasila Dapat Drum Air dan Uang Tunai

Rabu, 16 Oktober 2019 - 03:43 WIB
Hafal Pancasila Dapat Drum Air dan Uang Tunai
Hasta Karya DIY memberikan bantuan air bersih Dusun Temon, Giripurwo, Purwosari, Gunungkidul. FOTO/SINDOnews/Ainun Najib
A A A
GUNUNGKIDUL - Warga Dusun Temon, Giripurwo, Purwosari, Gunungkidul terlihat sumringah. Mereka tampak antusias menyambut kedatangan rombongan Hasta Karya DIY yang datang memberikan bantuan air bersih lengkap dengan jerikennya.

“Bantuan ini menjawab keluh kesah warga. Kami tidak tega melihat penduduk yang sengsara,” Kata Ketua Forum Hasta Karya DIY Gandung Pardiman di hadapan warga yang memadati Balai Dusun Temon Selasa (15/10/2019).

Selain membagikan 200 jeriken air Gandung dan rombongan juga membawa 10 drum besar. Nah dalam kesempatan itu Gandung secara spontan mengdakan lomba menghafal Pancasila. Bagi yang hafal maka akan mendapat drum air dan sejumlah uang tunai.

Drum atau wadah penampungan air ini bagi warga di daerah kekeringan sangat berguna untuk menyimpan air. Oleh karena itu begitu anggota DPR RI dari dapil DIY ini mempersilahkan siapa yang mau maju ikut lomba maka peserta berebut maju karena hanya jumlahnya dibatasi hanya sepuluh orang.

Lomba ini berlangsung seru. Bertindak sebagai juri anggota DPRD Gunungkidul Ery Agustin dan Gunawan yang juga hadir dalam acara itu. Seorang peserta dari perwakilan pemuda dengan lancar berhasil melafalkan pancasila dengan baik dan benar. Dia pun mendapatkan drum air dan uang tunai.

Namun peserta kedua gagal menghafalkan pacasila lantaran usianya sudah lanjut. Meski begitu dia tetap mendapatkan hadiah uang tunai sebagai bentuk penghormatan sudah berani tampil ke depan.

Selain menggelar lomba melafalkan Pancasila, Gandung Pardiman juga memberikan bantuan ke sejumlah kelompok masyarakat mulai ibu-ibu PKK, kelompok tani, lansia, PAUD, TK hingga ke pengurus takmir masjid mendapat bantuan masing-masing Rp1 jauta sementara Karang Taruna Desa Giripurwo mendapat bantuan uang tunai Rp2 juta

Bakti sosial ke Dusun Temon yang diadakan Forum Hasta Karya DIY itu sekaligus dalam rangka memperingati HUT ke-55 Partai Golkar yang jatuh pada 20 Oktober ini. Dalam kesempatan itu, Hasta Karya memberikan bantuan 10 tangki air bersih kepada 127 KK Dusun Temon. Hingga saat ini l sudah ada 1.200 tangki air bersih yang dibagikan oleh keluarga besar Golkar DIY. “Kami berikan bantuan air sak jerigene (sekalian jerikennya). Nanti kita tambah 10 tangki air lagi,” ujar anggota komisi VII DPR RI ini.

Plt Kades Giripurwo Sri Rahayu menganku sangat berterimakasih atas bantuan kepada warganya ini. “Kami ucapkan matur nuwun. Wilayah kami memang selalu kekeringan,” ujar Rahayu.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2990 seconds (0.1#10.140)