alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Tips dan Cara Orang Tua Jaukan Anak dari Serangan Siber

Intan Rakhmayanti

JAKARTA - Zaman digital saat ini sepertinya sulit menjauhkan anak dari penggunaan gadget. Beragam gadget lazim kini digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Tapi, anak-anak ini tentu tidak sepenuhnya menyadari ancaman online yang mengincar gadget mereka. Untuk melindungi mereka dari bahaya yang bersembunyi di internet, perusahan keamanan siber Kaspersky menyarankan hal berikut bagi para orang tua:

1. Komunikasi



Berdiskusi dan posisikan diri Anda sebagai mentor yang baik. Orang tua dapat mengajarkan kepada anak-anak tentang apa yang dapat diterima secara sosial dan apa yang tidak. Orang tua juga harus membuat anak-anak merasa nyaman datang dan bisa berkata terus terang tentang sesuatu yang salah.

2. Bicara sebagai rutinitas

Bicarakan dengan anak-anak secara teratur tentang teknologi, bahkan jika itu berarti orang tua harus berpura meminta mereka untuk membantu membuat akun Snapchat, Tumblr atau Facebook.

Dengan menunjukkan kepada anak-anak bahwa Anda mempercayai mereka, dengan begitu jika rasa saling percaya itu sudah tumbuh orang tua juga dapat mengedukasikan tentang hal sehubungan ancaman siber atau pelanggaran keamanan.

3. Tetapkan batasan

Pastikan mereka tahu apa yang dapat diterima dan apa yang tidak. Juga buat anak- menyadarik akan konsekuensi pergi ke suatu tempat yang tidak seharusnya mereka kunjungi atau menggunakan teknologi yang seharusnya tidak.

4. Mengedukasi diri sendiri

Waspadai preferensi online anak-anak saat ini dan ancaman online terbaru. Ingatlah bahwa Anda tidak dapat mengajari sesuatu yang tidak Anda ketahui.

5. Gunakan sumber daya yang tersedia

Gunakan sumber daya yang disediakan oleh beberapa perusahaan atau organisasi yang dapat membantu membimbing Anda dalam membesarkan anak masa kini.

Terdapat juga teknologi seperti Kaspersky Safe Kids yang membantu orang tua untuk memberikan perlindungan dari bahaya yang tidak diinginkan, konten vulgar atau bahkan menemukan ponsel yang hilang atau dicuri. Fitur ini termasuk dalam solusi Kaspersky - seperti Kaspersky Internet.



(mif)