alexametrics

Mantab, Smart SIM Bisa untuk Bayar Tol hingga Naik Kereta

Helmi Syarif
Mantab, Smart SIM Bisa untuk Bayar Tol hingga Naik Kereta
Korps Lalu Lintas Polri resmi meluncurkan Smart SIM dan aplikasi SIM online di Basket Hall Gelora Bung Karno (GBK), Minggu (22/9/2019). Foto/SINDOphoto

JAKARTA - Polri mengeluarkn terobosan baru. Yakni Smart SIM dan aplikasi SIM online. Smart SIM bisa digunakan utuk membayar tol hingga naik kereta sementara SIM online membuat kita tak perlu mengantre lagi saat mengurus SIM

Seremonial produk baru kepolisian ini berlangsung pada perayaan ulang tahun Polisi Lalu Lintas Bayangkara di Basket Hall Gelora Bung Karno (GBK), Minggu (22/9/2019).

Kepala Korps Lalu Lintas Polri Inspektur Jenderal Refdi Andri mengatakan, Smart SIM merupakan terobosan baru yang dibuat Polri dengan menambah fungsi surat izin mengemudi. SIM jenis baru ini sudah mulai dipromosikan kepolisian sejak Agustus 2019.



Fungsi baru Smart SIM ini salah satunya menjadi uang elektronik dalam pembayaran tol, parkir, hingga naik kereta. Uang elektronik Smart SIM maksimal Rp2 juta.
Sedangkan aplikasi SIM online berfungsi memudahkan masyarakat dalam pembuatan SIM. Tahap pendaftaran dan mengisi formulir bisa dilakukan dimanapun tanpa mengantre, dan semua dilakukan melalui website SIM online.

Selain pendaftaran baru, registrasi online ini juga berlaku buat perpanjangan SIM. Refdy turut mengumumkan beberapa pencapaian Korps Lalu Lintas Polri selama satu tahun terakhir, periode 2018-2019.

Menurut dia kepolisian lalu lintas telah mendukung beberapa penyelenggaraan kegiatan nasional, maupun internasional seperti Asean Games, Asean Para Games, Annual Meating IMF di Bali, kegiatan Natal dan Tahun Baru 2018, menjaga arus mudik dan balik 2019, dan masa Pemilihan Umum 2019. Kemudian program yang dicetuskan selama periode yang sama, antaranya SIM Online, Samsat Online, Indonesian Safety Driving Center (ISDC).

Lalu dibidang penegakan hukum Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE), speed management, dan traffic accident analysis. “Fungsi lantas juga memberi kontribusi sebesar 92 persen dari penerimaan negara bukan pajak (PNBP) Polri tahun anggaran 2018,” tegasnya.

Turut hadir dalam peringatan HUT Lalu Lintas Bayangkara Wakapolri Komisaris Jenderal Ari Dono Sukmanto, Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Gatot Eddy, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, hingga pejabat kepolisian, dan kementerian lainnya.

Dalam sambutannya Ari Dono menyampaikan apresiasi kepada seluruh anggota polisi lalu lintas selama ini. Ari juga berpesan kepada seluruh jajaran kepolisian. “Saya berpesan kepala kepolisian lalu lintas untuk terus mengembangkan kapasitasnya,” tegasnya.



(nun)