alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Masyarakat Diharapkan Bijak Berplastik

Mohammad Fajardin

JAKARTA - Dalam rangka menjaga lingkungan dengan mengurangi limbah plastik diperlukan langkah positif yang melibatkan banyak pihak. Termasuk dari kalangan swasta. Seperti yang dilakukan Danone-Aqua.

Mereka mengkampanyekan gerakan #BijakBerplastik yang melibatkan pelari dan masyarakat sekitar untuk menciptakan Bali lebih bersih. Kegiatan ini dilaksanakan bertepatan event Maybank Bali Marathon (MBM) 2019 di Bali Safari and Marine Park, Gianyar, Bali, Minggu (8/9/2019).

Perusahaan memberikan edukasi mengenai pentingnya mengelola dan memilah sampah plastik untuk didaur ulang. Salah satunya dengan membangun panel edukasi daur ulang di tempat penyelenggaraan dan mengajak peserta mengumpulkan kemasan botol plastik melalui 91 drop box yang tersebar di seluruh lokasi acara.



Bersama dengan LSM Bali Wastu Lestari, seluruh sampah dan kemasan botol plastik yang terkumpul akan dikirim ke Recyling Business Unit Danone-Aqua dan Bank Sampah yang di kelola oleh Bali Wastu Lestari dan kemudian akan didaur ulang menjadi botol baru ataupun produk lain yang bermanfaat dan bernilai ekonomi.

Danone-AQUA sebagai sponsor resmi juga memenuhi kebutuhan hidrasi bagi lebih dari 12.000 peserta selama kegiatan berlangsung. Selain itu, Aqua memberikan fasilitas kepada 2.000 peserta Bali Marathon yang mendaftarkan diri sebagai Aqua runners seperti atribut lari khusus, serta menyediakan berbagai fasilitas di booth Danone-Aqua seperti ice pool untuk memulihkan kondisi fisik dengan merendam kaki, lokasi istirahat, serta cheers squad dan AQUA Breeze di KM 38 yang akan menyemangati dan menyegarkan para pelari di kilometer akhir.

Para pelari dan pengunjung juga bisa mencoba berbagai permainan dan isi ulang gratis botol AQUA dan edukatif seputar plastik dan penerapan ekonomi sirkular.

Berbagai inisiatif ini dilakukan karena percaya bahwa kesehatan berasal dari gaya hidup dan lingkungan yang juga sehat. Hal ini juga sejalan dengan kampanye "Kebaikan berawal dari sini" yang merupakan bentuk komitmen Danone-AQUA untuk Indonesia dan dari Indonesia.

Marketing Manager Danone-Aqua, Jeffri Ricardo mengatakan, selama lebih dari 45 tahun, terus berkomitmen memberikan kebaikan dari sumber air pegunungan terpilih di Indonesia sekaligus menjaga keberlanjutannya. Danone-Aqua menjaga dan mewariskan kebaikan dari alam untuk Indonesia yang lebih sehat.

"Dukungan Danone-Aqua pada MBM 2019 merupakan tahun ketiga dan menjadi bentuk kolaborasi antara pentingnya menjaga kualitas hidup dengan gaya hidup sehat, sekaligus bentuk kampanye untuk mewujudkan Bali yang lebih bersih dengan #BijakBerplastik,” ujar Jeffri dalam keterangan resminya.

Sebagai informasi, dalam mendukung visi pemerintah Indonesia untuk mengurangi 70 persen sampah plastik di lautan, Danone-Aqua meluncurkan Gerakan #Bijakberplastik pada 2018. Melalui gerakan ini, Danone-Aqua akan berfokus pada tiga pilar utama, yaitu mengembangkan infrastruktur pengumpulan sampah plastik, edukasi kepada konsumen, dan inovasi kemasan produk.



(mif)