alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Cegah Penyelewengan, UNY dan Kejati DIY Kerjasama TP4D

Priyo Setyawan

SLEMAN - Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan Kejaksaan Tinggi (Kejati) DIY melakukan kerjasama dalam bidang pengawal dan pengaman pemerintah dan pembangunan daerah (TP4D), hukum perdata dan tata usaha negara. Sebagai tindaklanjutnya Rektor UNY Sutrisno Wibowo bersama Kepala kejaksaan tinggi (Kajati) DIY Erbagtyo Rohan menandatangani kesepakatan kerjasama tersebut di Ruang Sidang Utama Rektorat, kampus setempat, Rabu (31/7/2019).

Rektor UNY Sutrisno mengatakan, kerjasama ini merupakan lanjutan dari kerjasama tahun sebelumnya. Baik yang menyangkut tentang persolan makro maupun mikro. Untuk tahun ini, akan fokus pada pengadaan alat. Sedangkan tahun sebelumnya soal pengadaan gedung. “Untuk pengadaan gedung, dengan adanya pendampingan dari Kajati DIY dapat selesai dengan baik,” kata Sutrisno soal kerjasama itu.

Sutrisno menjelaskan kerjasama bukan hanya agar dalam pelaksaan pengadaan, mulai dari perencanaan, implementasi hingga evaluasi dapat berjalan dengan baik. Namun juga karena adanya perubahan paradigma pendidikan di era industri 4.0, yaitu ke paradigma padat teknologi.



Sehingga UNY akan terus mengembangkan diri untuk menjadi universitas kelas dunia sesuai tuntutan negara untuk mewujudkan good governance. “Karena itu adanya pendampingan dari Kajati DIY ini penting,” terangnya.

Kajati DIY Erbagtyo Rohan menambahkan, tim TP4D selama ini telah melaksanaan tugas dengan baik. Terbukti telah berhasil melakukan perlindungan hukum atas sejumlah proyek. Ke depan akan dilakukan kembali pendampingan hukum bagi beberapa proyek UNY karena tantangannya juga besar dan banyak pihak yang akan terlibat.

“Kami yakin dengan komitmen yang sama dan saling bersinergi untuk meningkatkan kerjasama yang positif maka kendala yang muncul akan dapat diatasi bersama dengan baik,” tandasnya.



(mif)