alexametrics

Menang Tipis di Kandang Spurs, United Belum Terkalahkan

Dwinarto
Menang Tipis di Kandang Spurs, United Belum Terkalahkan
Pemain Manchester United merayakan gol yang dibuat Marcus Rashford. Gol semata wayangnya membuat United mencatat lima kali kemenangan secara beruntun. FOTO/REUTERS

LONDON - Manchester United terus menunjukkan keperkasaannya di bawah asuhan pelatih sementara Ole Gunnar Solskjaer. Setan Merah berhasil menjaga tren kemenangan saat melawat ke markas Tottenham Hotspur pada laga Liga Primer Inggris 2018/2019, Minggu (13/1/2019) malam.

Bertanding di Stadion Wembley, permainan terbuka sudah tersaji sejak awal laga. Meski bertindak sebagai tim tamu, Setan Merah begitu percaya diri. Namun untuk bisa menyaksikan gol tercipta, pendukung kedua tim harus bersabar. Spurs dan United sampai menit 40 hanya menyajikan ancaman tanpa mampu mengubah papan skor.

Baru satu menit jelang turun minum, Rashford menjawab tantangan sebagai penyerang potensial. Memanfaatkan umpan Paul Pogba, pemain yang sebelumnya digadang-gadang oleh Ole Gunnar Solskjaer itu bisa menyamai Hary Kane tanpa ampun menghukum kiper Spurs, Hugo Lloris dengan tendangan keras.



Di babak kedua, Spurs berhasil mengendalikan jalannya pertandingan. Mereka mengurung pertahanan United dengan serangkaian serangan. Beruntung de Gea beberapa kali menjadi pahlawan. Aksi yang ditunjukkan de Gea mampu memberikan rasa aman benteng United.

Penyelematan penting ditunjukkan de Gea di meit 72. Delle Ali yang mendapatkan umpan lambung ke kotak penalti langsung menyambutnya dengan tendangan voli. Dengan menjatuhkan badan de Gea bisa menepis bola.

Dan sampai akhir pertandingan skor tidak berubah. United pulang dengan kebanggaan setelah menumbangkan Spurs yang selama ini sulit ditaklukkan di kandang. Tambahan tiga angka ini membuat United mendulang 41 angka dan masih berada di posisi keenam klasemen.

Pelatih Tottenham Hotspur Mauricio Pochettino tidak begitu kecewa setelah anak asuhnya kalah dari Manchester United dalam lanjutan Liga Primer Inggris. Menurutnya para pemain Spurs sudah bermain sangat baik sepanjang pertandingan. Statistik memperlihatkan Hary Kane Cs tampil beringas dengan mendapatkan 14 kali kesempatan mencetak gol setelah jeda dan secara keseluruhan memperoleh 21 kali kesempatan.

"Itu adalah babak kedua yang luar biasa. Saya sangat senang," kata Pochettino kepada BBC, Senin (14/1/2019).

Kegagalan pemain Spurs menjebol gawang United juga tak lepas dari keandalan kiper David De Gea dalam beraksi di bawah mistar gawang. Kiper asal Spanyol itu berhasil melakukan 11 penyelematan dalam duel tersebut.

"Kami sudah melakukan segalanya untuk memenangkan pertandingan. Mungkin kami mendominasi dan kami menciptakan banyak peluang. Itu fantastis. Itu adalah 45 menit (babak kedua) terbaik yang saya lihat selama saya melatih Spurs," sambungnya.

"Terkadang Anda menang dan Anda kecewa, seperti kami menang 3-0 di Old Trafford (pertandingan Agustus tahun lalu). Hari ini hasilnya harus berbeda dan saya senang."

"Itulah cara kami ingin tumbuh dan bermain, mengambil risiko, bermain sepak bola yang akan kami mainkan. Sebelas penyelamatan dari De Gea yang luar biasa. Dia sepenuhnya pantas menjadi man of the match," tandas Pochettino.

Susunan Pemain

A. Tottenham Hotspur (4-3-1-2)
Hugo Lloris, Kieran Trippier, Toby Alderweireld, Jan Vertonghen, Ben Davies, Moussa Sissoko, Harry Winks, Christian Eriksen, Dele Alli, Son Heung-min, Harry Kane,

Cadangan : Danny Rose, Davinson Sanchez, Erik Lamela, Fernando Llorente, Juan Foyth, Paulo Gazzaniga, Oliver Skipp
Pelatih : Mauricio Pochettino

B. Manchester United (4-2-3-1)
David De Gea, Ashley Young, Victor Lindelof, Phil Jones, Luke Shaw, Ander Herrera, Nemanja Matic, Jesse Lingard, Paul Pogba, Anthony Martial, Marcus Rashford

Cadangan : Juan Mata, Romelu Lukaku, Andreas Pereira, Fred, Diogo Dalot, Sergio Romero, Scott McTominayPelatih : Ole Gunnar Solskjaer  

 



(AMM)