alexametrics

Arus Balik, Sistem One Way Diberlakukan Mulai GT Kalikangkung

Angga Rosa
Arus Balik, Sistem One Way Diberlakukan Mulai GT Kalikangkung
Kakorlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri. FOTO/IST

SEMARANG - Korlantas Polri telah menyiapkan skema untuk melancarkan arus lalu lintas pada arus balik Lebaran. Upaya yang akan dilakukan antara lain memberlakukan contraflow di beberapa titik di wilayah Jawa Tengah dan one way di ruas tol Trans Jawa, tepatnya mulai KM Gerbang Tol (GT) Kalikangkung pada ruas tol Batang–Semarang hingga KM 70 GT Cikampek Utama (Cikatama) Tol Jakarta-Cikampek.

"One way akan diterapkan mulai KM 414 GT Kalikangkung hingga KM 70 GT Cikatama. Adapun panjang jalur jalur one way 350 kilometer," kata Kakorlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri kepada wartawan saat meninjau kesiapan penerapan one way di Gerbang Tol Kalikangkung, Kamis (6/6/2019).

Dia menjelaskan, one way akan diterapkan mulai 7-10 Juni 2019. One way dimulai pukul 12.00 WIB hingga 24.00 WIB. "Kami juga telah menyiapkan langkah untuk mengantisipasi penumpukan arus di wilayah Jakarta," katanya.



Menurut dia, dalam arus balik nanti, Korlantas akan terus memantau perkembangan pergerakan arus lalu lintas dari wilayah Jawa Tengah dan Jawa Barat. Ini untuk menentukan langkah penanganan kepadatan arus lalu lintas di beberapa titik. "Pergerakan terus kami pantau agar bisa cepat melakukan langkah untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan di wilayah Jakarta," tandasnya.



(AMM)