alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Bandara YIA Kulonprogo Akan Dipasangi Radar dan Sensor Tsunami

INews.id

YOGYAKARTA - Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) berencana memasang radar dan sensor bencana di seputaran Bandara Yogyakarta International Airport (YIA). Pemasangan ini sebagai bagian dari mitigasi bencana gempa bumi dan tsunami yang mungkin terjadi.

"Rencananya kami akan pasangkan radar di Pantai Parangtritis, sedangkan sensornya sudah terpasang di YIA," ujar Kepala BMKG Dwikorita Karnawati seusai bertemu dengan Gubernur DIY Sultan Hamengkubuwono X di Kepatihan, Yogyakarta, Selasa (28/5/2019).

Menurutnya, salah satu potensi ancaman bencana yang ada di kawasan Bandara YIA yakni gempa bumi dan tsunami. Karena itu sejumlah alat pendeteksi sudah ditempatkan sekaligus dengan penanaman tanaman barier seperti pule, cemara udang, mangrove dan tanaman keras lainnya. Tanaman ini telah teruji mampu meredam kecepatan tsunami.



Dwikorita menjelaskan, BMKG sudah membandingkan potensi bencana antara Bandara YIA dengan Adisutjipto. Jika di Bandara Adisutjipto, potensi bencana yang bisa mengganggu yakni adanya patahan opak oya. Di mana lokasi bandara itu berada di dekat pusat gempa opak Oya. Sementara di Bandara YIA, ancamannya tsunami.

"Kami sudah mitigasi YIA dan sudah memberikan peringatan dini," katanya.

BMKG juga akan memasang intensimeter pada dua lokasi di Bandara YIA. Yakni di terminal lantai tertinggi dan Kantor BMKG dekat bandara. Saat ini yang terpasang sudah 10 buah.

Selain itu, BMKG juga akan memasang satu akselometer untuk mengetahui intensitas guncangan gempa bumi. Sementara yang sudah terpasang yakni alat weather observation system, untuk kepentingan take off dan landing pesawat.



(AMM)