alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Perangkat Kasir Online Mudahkan Pencatatan Transaksi dan Pembukuan

Ahmad Antoni

SEMARANG - Pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir ini berlangsung cukup pesat. Data Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan, terdapat 60 juta unit UMKM di Indonesia, namun hanya sekitar 3,79 juta di antaranya yang memanfaatkan platform digital pada 2018.

Hal itu karena masih banyak UMKM yang menjalankan bisnisnya itu memiliki kendala yang hampir sama, yaitu pembukuan yang kurang rapi. Sehingga menjadikan pemilik usaha bekerja ekstra untuk menjalankan bisnisnya sekaligus melakukan pembukuan omzet yang merepotkan.

Hadirnya Spots diharapkan bisa menjadi solusi atas permasalahan tersebut. Dengan perangkat kasir online yakni Point of Sales (POS), UMKM dimudahkan dalam pencatatan transaksi, membuat rekap penjualan harian, pencetakan resi, menerima pesanan Go-Food secara instan dan lainnya.



Area Sales Manager Spots, Dhimas Herdy Utomo mengatakan perangkat POS ini tak terbatas hanya untuk UMKM yang bekerja sama dengan Go-Food saja. Berbagai jenis bidang usaha lain juga bisa memanfaatkan Spots untuk kemudahan dalam pencatatan transaksi dan pembukuan.

“Banyak juga usaha seperti cuci mobil, barbershop dan lain-lain yang menggunakan Spots. Mereka bisa melihat hari yang ramai pengunjung dan jumlah pelanggan,” terang Dhimas di Semarang Selasa (23/4/2019).

“Pemilik usaha juga tetap bisa menerima informasi pembukuan ini walaupun sedang tidak di lokasi karena pemberitahuan juga dikirimkan ke email. Fitur ini efektif bagi pemilik UMKM yang sudah memiliki banyak outlet,” terangnya.

Untuk bergabung menjadi Sahabat Spots, hanya dikenakan biaya Rp 290.000 untuk pendaftaran yang selanjutnya dikenakan biaya Rp 2.900 perhari untuk sewa alat sekaligus internet di dalamnya.

Sales Lead Spots, Robert Kurniawan menambahkan, apabila konsumen memesan makanan lewat Go-Food, merchant yang menggunakan Spots akan langsung mendapatkan notifikasi pesanan tersebut, bahkan sebelum Mitra Gojek datang ke merchant sehingga bisa dipersiapkan terlebih dahulu.

Spots yang merupakan anak perusahaan dari Gojek bisa langsung terkoneksi dengan Gopay sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah untuk mewujudkan cashless society. Tak hanya itu, Spots juga bisa tetap menerima pembayaran dalam bentuk tunai.

“Dengan kemudahan yang ditawarkan, pelaku UMKM bisa lebih berkonsentrasi untuk mengembangkan produknya hingga bisa bersaing di industri nasional,” terang Robert.

Keistimewaan lainnya, Spots juga bisa merekam menu yang paling diminati dalam rekapan, transaksi dalam sepekan, pesanan via Go-Food atau offline sehingga pelaku bisa lebih mudah menentukan promo atau dalam penyediaan barang.

Selama tujuh bulan dirilis sejak 2018, sudah lebih dari 20.000 merchant telah bergabung menggunakan Spots. Dari jumlah itu, sekitar 5.000 di antaranya adalah UMKM dari Jawa Tengah.



(mif)