alexametrics

10.000 Pelajar dan Guru Muhammadiyah Ikuti Olympic Ahmad Dahlan DIY

Priyo Setyawan
10.000 Pelajar dan Guru Muhammadiyah Ikuti Olympic Ahmad Dahlan DIY
Wakil Ketua PWM DIY (tengah) Tasman Hamami memberikan keterangan pers soal olympic Ahmad Dahlan wilayah DIY di kantor PWM DIY, Gedongkuning, Yogyakarta, Kamis (3/1/2019) sore. FOTO/SINDOnews/PRIYO SETYAWAN

YOGYAKARTA - Ribuan pelajar dan guru Muhammadiyah tingkat SD-SMA/SMK se-DIY akan mengikuti Olympic Ahmad Dahlan wilayah DIY, Sabtu (5/1/2019) mendatang. Selain mengikuti 25 cabang lomba, mereka juga akan menjadi peserta seminar nasional pendidikan Muhammadiyah.

Lomba akan diselenggarakan di empat tempat, yaitu SMP Muhamamdiyah 3 Yogyakarta, SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta serta Universitas Ahmad Dahlan (UAD) kampus 1 dan 4. Untuk seminar digelar di kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY.

Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DIY Tasman Hamami mengatakan, selain sebagai ajang silaturahmi, Olympic Ahmad Dahlan juga untuk membiasakan peserta dengan tradisi kompetisi sekaligus mencari bibit unggul untuk ajang yang sama tingkat nasional Oktober mendatang.



"Olympic Ahmad Dahlan yang rutin digelar setiap tahun juga untuk mewujudkan Muhammadiyah sebagai institusi unggul dan berkemajuan," kata Tasman dalam jumpa pers terkait Olympic Ahmad Dahlan wilayah DIY di kantor PWM DIY, Gedongkuning, Yogyakarta, Kamis (3/1/2019) sore.

Tasman menjelaskan, dengan adanya kegiatan ini diharapkan kontingen DIY menjadi yang terbaik saat mengikuti Olympic Ahmad Dahlan tingkat nasional. Tahun lalu, kontingan DIY menjadi terbaik kedua setelah kontingen Jawa Timur.

Ketua Panitia Olympic Ahmad Dahlan wilayah DIY, Farid Setiawan mengatakan, lomba dibagi menjadi tiga kelompok, yakni pelajar, guru dan kepala sekolah, serta lembaga. Cabang lomba untuk pelajar di antaranya mata pelajaran umum, Al Islam Kemuhammdiyahan, olahraga dan seni, serta pidato bahasa Inggris dan Arab.

"Bagi guru dan kepala sekolah ada lomba penelitian tindakan kelas dan sekolah. Untuk lembaga ada majalah sekolah. Jumlah peserta lomba yang sudah terdaftar sebanyak 1.546  orang. Lomba akan melibatkan 94 juri. Untuk seminar sudah ada 250 orang yang akan berpartisipasi," katanya.

Wakil Ketua Panitia Olympic Ahmad Dahlan wilayah DIY Achmad Muhammad menambahkan, kegiatan ini akan dihadiri 10.000 orang lebih, yang terdiri dari pelajar dan guru Muhammadiyah se-DIY. Di DIY sendiri ada 464 sekolah Muhammadiyah mulai tingkat SD hingga SMA/SMK.



(AMM)