alexametrics

Gunung Merapi Kembali Keluarkan Awan Panas, Jarak Luncuran 1 Km

suharjono,
Gunung Merapi Kembali Keluarkan Awan Panas, Jarak Luncuran 1 Km
Gunung Merapi kembali mengeluarkan awan panas dengan jarak luncuran 1 km pukul 10.17 WIB tadi. FOTO/TWITTER/BPPTKG

YOGYAKARTA - Setelah mengeluarkan awan panas guguran pada pukul 07.44 WIB, siang ini Gunung Merapi kembali menyemburkan wedus gembel dengan jarak luncuran 1 kilometer.

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida mengatakan, siang ini Merapi sudah dua kali mengeluarkan awan panas guguran. Awan panas guguran pertama, teramati di CCTV di puncak Merapi pada pukul 07.44 WIB. Awan Panas kedua teramati dari CCTV pada pukul 10.17 WIB.

"Untuk awan panas kedua dengan durasi 97 detik, jarak luncuran 1 km menuju hulu Kali Gendol," katanya kepada SINDOnews, Kamis (7/3/2019).



Untuk awan panas kedua, jarak luncuran lebih pendek dibandingkan dengan awan panas guguran pertama. Untuk awan panas guguran pertama jarak luncuran mencapai 1,2 kilometer. (Baca juga: Merapi Keluarkan Awan Panas Guguran Sejauh 1,2 KM)

Dijelaskannya, dengan terus keluarnya awan panas guguran ini, BPPTKG berharap masyarakat tetap tenang. Namun juga tetap Waspada. "Patuhi imbauan untuk mengosongkan area dengan jarak 3 km dari puncak," katanya.

Selain itu, kemungkinan hujan abu sangat besar sehingga dibutuhkan langkah antisipasi. "Hujan abu akan mengikuti arah angin. Jadi untuk antisipasi hujan abu, maka perlu menyediakan masker," katanya.

Diakuinya, saat kondisi kawah Gunung Merapi masih menunjukkan aktivitas vulkanik. Namun masih tergolong rendah sehingga belum ada peningkatan aktivitas yang mencolok. "Status masih Waspada," katanya. (Baca juga: Gunung Merapi Keluarkan Awan Panas, Masyarakat Diminta Tetap Tenang)



(AMM)