alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

BLK Kendal Produksi Ratusan Masker dan APD untuk Tenaga Medis

Eddie Prayitno

SEMARANG - Balai Latihan Kerja (BLK) milik Pemerintah Kabupaten Kendal memproduksi 700 masker dan 500 alat perlindungan diri (APD) untuk tenaga kesehatan. Masker dan APD buatan siswa BLK dan relawan ini akan dikirimkan ke seluruh rumah sakit dan puskesmas di Kendal yang stoknya mulai menipis.

Pembuatan masker dan APD untuk tenaga medis ini didasari keprihatinan siswa BLK dan relawan atas kelangkaan di pasaran. Padahal para tenaga kesehatan sangat membutuhkan dalam penanganan pasien Covid-19. Mereka kemudian memanfaatkan peralatan mesin jahit milik BLK untuk memproduksi masker dan APD.

Siswa dan relawan menargetkan ratusan APD selesai dalam sepekan ini agar segera bisa digunakan para tenaga medis sebagai garda terdepan dalam penanganan corona.



"Saya senang bisa membantu membuat APD untuk tenaga medis. Saya berharap masyarakat lain pun ikut membantu dengan mengikuti anjuran pemerintah agar tetap di rumah sampai wabah corona mereda di Indonesia," kata salah seorang relawan, Khoirun Nafiah, Selasa (7/4/2020).

Sementara itu, staf Tata Usaha BLK Kendal, Hendro Utomo mengatakan, pembuatan APD ini adalah kerja sama kedua BLK bekerja sama dengan relawan dalam melawan Covid-19 di Kabupaten Kendal. "Sebelumnya membuat masker untuk dibagikan kepada masyarakat di tengah mewabahnya virus corona," katanya.

Ditargetkan bisa memproduksi 500 alat pelindung diri untuk diserahkan kepada Gugus Tugas Penanganan Covid-19 guna didistribusikan ke seluruh rumah sakit dan puskesmas di Kabupaten Kendal.



(amm)