alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Salatiga Pusatkan Pemakaman Jenazah Pasien Covid-19 di TPU Ngemplak

Angga Rosa

SALATIGA - Pemkot Salatiga memusatkan pemakaman jenazah pasien virus corona (covid-10) di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Ngemplak, Dukuh, Sidomukti. Ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya penolakan dari masyarakat terhadap pemakaman jenazah pasien covid-19.

Wali Kota Salatiga Yuliyanto mengimbau kepada masyarakat untuk tidak panik menyusul adanya warga Salatiga berstatus DPD virus corona yang meninggal dunia. Sebab mulai dari pemulasaraan hingga pemakaman jenazah dilakukan oleh petugas rumah sakit sesuai dengan standar operasional penanganan (SOP) penanganan virus corona.

"Pasien PDP corona yang meninggal pemulasaraan hingga pemakaman dilakukan oleh petugas rumah sakit. Dan pemakaman jenazah pasien covid-19 dipusatkan di TPU Ngemplak. Jadi masyarakat tidak perlu kawatir, karena sudah dilakukan pemutusan penyebaran virus corona," kata Yuliyanto kepada wartawan seusai rapat koordinasi penanganan covid-19 di rumah dinas wali kota, Senin (6/4/2020).



Disisi lain, Yuliyanto meminta kepada masyarakat untuk ikut berperan aktif dalam pencegahan penyebaran dan penularan covid-19. Masyarakat diminta melapor ke Ketua RT dan RW jika ada warga atau tamu dari luar daerah.

Selain itu, masyarakat juga diminta untuk melaporkan ke RT/RW jika ada warga yang mengalami gangguan kesehatan mirip virus corona.

"Kami minta masyarakat untuk benar-benar membatasi diri dan tetap di rumah jika tidak ada keperluan yang sangat penting selama masa tanggap darurat yang diberlakuka hingga 30 Mei 2020," tandasnya.



(nun)