alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pemkot Solo Siapkan Karantina Untuk ABK dari Amerika

Ary Wahyu Wibowo

SOLO - Pemkot Solo mempersiapkan diri untuk melakukan karantina terhadap anak buah kapal (ABK) yang akan datang dari Amerika Serikat. Para ABK kapal akan dikarantina di Gedung Graha Wisata Niaga di Jalan Slamet Riyadi, Solo.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Solo Ahyani mengatakan, pihaknya belum informasi mengenai kepastian kapan para ABK kapal dari Amerika Serikat masuk ke Kota Solo. Yang jelas, mereka akan langsung dikarantina karena masuk kriteria kriteria tertentu. “Saya belum tahu kapan akan tiba, namun informasinya pada akhir bulan ini,” kata Ahyani saat jumpa pers penanganan covid-19 di Balai Kota Solo, Senin (6/4/2020).

Dari informasi terakhir, ABK dari Florida sudah bisa diajak berkomunikasi dan mereka bersedia untuk dikarantina. Terlebih Amerika Serikat kini juga menjadi salah satu pusat endemi Covid-19. Dirinya belum mengetahui jumlah ABK yang akan masuk ke Solo. “Mereka nanti akan dikarantina di Graha Wisata Niaga,” terangnya. Selain itu, Gedung Graha Wisata Niaga nantinya juga akan dipakai untuk karantina pemudik dari zona merah corona.



Sehingga penyebaran virus dari luar daerah dapat diputus atau dilokalisir. Ketika Graha Wisata Niaga telah dipakai untuk karantina, maka akan dipagari. Sehingga yang dapat berkomunikasi langsung hanya tim medis. Pemkot Solo telah melakukan simulasi pemudik yang datang dari zona merah covid-19. Simulasi semacam gladi bersih terkait persiapannnya, mulai pengelolaan, pelayanan hingga logistik.



(nun)