alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pulang dari Solo, Santri di Kaliwungu Kendal Positif Covid-19

Eddie Prayitno

KENDAL - Seorang santri sebuah pondok pesantren di Kecamatan Kaliwungu Selatan, Kabupaten Lendal dinyatakan positif terinfeksi virus corona jenis baru, Covid-19. Pasien sempat dirawat di sebuah rumah sakit di Kendal tapi kemudian dipulangkan ke pondok karena tidak menunjukkan gejala. Namun, Senin (6/4/2020), uji swab menunjukan hasil positif, sehingga langsung dijemput petugas kesehatan untuk menjalani isolasi.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal, Ferinando Rad Bonay mengungkapkan, santri berusia 10 tahun itu sempat pulang ke rumahnya di Solo. Setelah itu, dia kembali ke pondok pesantren dan mengeluh batuk serta demam. Sempat diisolasi di pondok pesantren oleh pengasuhnya dan pada 31 Maret dirujuk ke rumah sakit.

Selama hampir lima hari dirawat, kesehatan pasien membaik, sehingga pihak rumah sakit mengizinkannya pulang meski hasil swab belum keluar. Setelah diketahui hasil pemeriksaan positif terinfeksi Covid-19, santri tersebut dijemput petugas rumah sakit untuk menjalani perawatan di ruang isolasi.



"Pihak Puskesmas Kaliwungu Selatan sudah melakukan pemantauan dan mencari keterangan riyawat kontak pasien selama ini," kata Ferinando Rad Bonay.

Lebih lanjut dikatakan Ferinando, jumlah warga Kendal yang positif dan dirawat di rumah sakit daerah lain dua orang dan di rumah sakit di kendal ada satu orang. Sedangkan jumlah pasien dalam pengawasan berjumlah 9 orang, ODP 115, dan dinyatakan sembuh 11 orang.



(amm)