alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Terdampak Corona, Pekerja di Jalanan Kendal Dapat Bantuan Sembako

Eddie Prayitno

KENDAL - Anjuran pemerintah untuk tetap berada di rumah mulai berdampak pada mereka bekerja di jalan. Para pekerja di Kabupaten Kendal tersebut sepi orderan karena warga tidak lagi keluar rumah.

Salah seorang tukang becak, Purwadi mengatakan, sejak merebaknya virus corona jenis baru, Covid-19 di Tanah Air, dirinya hampir tidak mendapat penghasilan. "Saya jadi kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari," tutur Purwadi, Sabtu (4/4/2020).

Tidak hanya tukang becak, sejumlah pekerja lain di Kabupaten Kendal juga mengalami hal serupa. Seperti tukang delman, tukang parkir, dan pedagng kecil.



Untuk meringankan beban hidup para pekerja di jalan, Yayasan Oemah Semoet Kendal membagikan sembako gratis. Tim dari yayasan menyusuri jalanan di Kota kendal untuk memberikan bingkisan sembako bagi mereka yang membutuhkan.

Pembina Yayasan Oemah Semoet Kendal Heru Siswanto mengatakan, sebanyak 200 paket sembako dan masker dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan secara gratis. Setiap satu paket sembako yang dibagikan terdiri dari beras, minyak goreng, telur, mi instan, kurma, dan masker.

Heru menegaskan dalam pembagian bantuan sembako, Yayasan Oemah Semoet tidak melakukan pengumpulan massa. "Kami bekerja sama dengan para anggota untuk membagikan dengan sistem jemput bola menghindari kerumunan warga dan tetap mengindahkan faktor social distancing yang dianjurkan pemerintah," kata Heru.

Heru menambahkan, kegiatan ini akan terus dilaksanakan secara bertahap. Ke depannya pihaknya berharap bisa menjangkau lebih banyak lagi saudara-saudara yang membutuhkan.



(amm)