alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pemuda Desa di Kendal Swadaya Semprot Disinfektan ke Penjuru Kampung

Eddie Prayitno

KENDAL - Pemuda Desa Selokaton, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Kendal membuat gerbang disinfektan otomatis untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona jenis baru, Covid-19. Alat semprot ini bekerja 24 jam menyemburkan cairan disinfektan ke warga yang melintas gerbang.

Gerbang disinfektan otomatis dipasang di masjid kampung dan pintu masuk desa. Alat yang digunakan adalah mesin pompa air.

Selain membuat gerbang disinfektan otomatis, para pemuda secara swadaya juga melakukan penyemprotan disinfektan ke seluruh rumah warga. Menggunakan mobil bak terbuka, cairan disemprotkan sepanjang jalan dan rumah yang ada di pinggir jalan kampung. Sementara rumah yang ada didalam gang kecil, pemuda menggunakan mesin penyempot.



Salah satu pemuda Selokaton, Dena Septiana Putra mengatakan, penyemprotan ini dilakukan seluruh wilayah desa meliputi tempat ibadah, sekolah, ruang umum, dan rumah-rumah warga. "Kegiatan lain yang sudah disiapkan adalah pemberian sembako kepada warga yang kurang mampu," kata Dena, Sabtu (4/4/2020).

Sementara itu, Kasi Pemuda Desa Selokaton, Sumarsono Arum menghimbau kepada warga untuk tetap menjaga kebersihan. Pihaknya telah mempersiapkan tempat cuci tangan di sejumlah titik di kampung. "Bagi perantau yang kembali ke Selokaton, kami imbau untuk tidak keluar rumah selama dua pekan," katanya.



(amm)