alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Resep dan Cara Membuat Ketan Srikayo yang Disukai Banyak Orang

Diana Rafikasari

JAKARTA - Mematuhi anjuran pemerintah untuk tetap berada di rumah selama masa pandemi virus corona jenis baru, Covid-19, ternyata memicu kreativitas. Banyak orang yang kemudian gemar di dapur untuk memasak atau sekadar membuat camilan untuk keluarga.

Untuk hari ini, ketan srikayo bisa menjadi pilihan untuk dieksekusi di dapur. Selain rasanya yang manis, sehingga disukai banyak orang, cara membuatnya juga mudah. Penasaran ingin membuatnya? Berikut resep membuat Ketan Srikayo seperti dikutip akun Instagram @rudydansahabat.

Bahan-bahan:
Bahan 1:
50 g beras ketan, cuci bersih
1 lembar daun pandan



Bahan 2:
350 ml santan kental
1 lembar daun pandan, ikat simpul
1 lembar daun jeruk
½ sdt garam

Bahan 3:
5 butir telur
200 g gula semut/palem/aren
2 sdm gula pasir

Bahan 4:
50 g tepung terigu
20 g tepung maizena
250 ml santan kental
2 sdm kental manis
? sdt vanilli bubuk
½ sdt garam

Bahan 5:
2 lembar daun pandan, buang tulangnya
Daun pisang secukupnya
2 sdm minyak kelapa, buat olesan loyang
1 lembar plastik kue
Loyang persegi

Cara membuat:
Kukus bahan 1 hingga ketan ¾ matang (20 menit), aduk rata. Rebus bahan 2 hingga mendidih dan harum. Masukkan ketan ke dalam rebusan bahan 2, masak sampai santan terserap habis atau menjadi aronan ketan. Kukus kembali aronan ketan sampai matang selama 30 menit.

Masukkan ketan ke dalam loyang yang sudah dialasi daun pisang dan olesan minyak kelapa, tekan-tekan sampai cukup padat, oleskan kembali ketan dengan minyak kelapa, kukus 5 menit. Kocok bahan 3 hingga larut, sisihkan. Campur tepung maizena dan tepung terigu. Aduk rata.

Masukkan sisa bahan 4, aduk hingga garam larut. Saring adonan ke dalam kocokan telur (bahan 3), aduk hingga tercampur rata menjadi adonan srikayo. Tuang 100 ml adonan srikayo ke atas permukaan ketan, kukus kembali 5 menit hingga cukup padat.

Tuang kembali adonan srikayo ke dalam loyang hingga cukup penuh, kukus kembali 25 menit dengan tutup panci sedikit terbuka. Angkat dan dinginkan di suhu ruangan. Potong sesuai selera dan siap dihidangkan.



(amm)