alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Tak Hanya Batuk Pilek, Ini Lima Gejala Baru Infeksi Virus Corona

Diana Rafikasari

JAKARTA - Gejala orang yang terkena virus corona secara umum ditandai dengan batuk, pilek, dan sesak napas. Namun dalam perkembannya, para peneliti menemukan serangkaian gejala baru yang dialami oleh pasien Covid-19.

Seperti dilansir Times Now News, ada 5 gejala baru COVID-19 yang harus diketahui, di antaranya kehilangan baud an rasa, juga sakit kepala.

1. Kehilangan bau dan rasa
Kehilangan bau atau rasa, yang dikenal sebagai anosmia dan dysgeusia adalah gejala COVID-19 terbaru yang ditemukan. Menurut laporan oleh asosiasi profesional medis terkemuka Amerika, ada laporan gangguan rasa dan bau terkait dengan infeksi COVID-19. Kasus-kasus ini telah dilaporkan tidak hanya di AS, tetapi juga di bagian lain dunia.



2. Masalah pencernaan
Masalah pencernaan seperti diare sering terjadi pada pasien COVID-19, seperti yang dilaporkan oleh sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Gastroenterology. Menurut laporan itu, pasien yang terlibat dalam penelitian ini, di tempat asal virus - Wuhan, China, mengeluhkan masalah pencernaan seperti diare dan anoreksia. Menurut beberapa akun gejala COVID-19 yang dialami oleh pasien dari bagian lain dunia, masalah pencernaan adalah gejala umum.

3. Konjungtivitis
Konjungtivitis juga bisa menjadi tanda infeksi COVID-19. Laporan sebelumnya menyatakan bahwa sementara coronavirus dapat ditemukan dalam sekresi mata, penularan virus melalui air mata tidak terbukti. Menurut laporan itu, COVID-19 dapat menyebabkan mata merah pada 1-3% pasien COVID-19.

4. Kebingungan dan kegelisahan
Ini bisa menjadi gejala kecemasan atau stres yang disebabkan karena tinggal di rumah selama penerapan karantina. Bingung dan gelisah juga bisa merupakan gejala infeksi COVID-19. Menurut laporan, ketidaknyamanan dan kebingungan adalah salah satu gejala atipikal yang paling umum.

5. Sakit kepala
Walaupun sakit kepala adalah gejala yang lebih umum dari flu, alergi, atau pilek, beberapa pasien COVID-19 juga mengeluh sakit kepala karena infeksi saluran pernapasan bagian atas yang disebabkan oleh coronavirus. Disarankan jika Anda mengalami sakit kepala terlalu sering, bersama dengan gejala COVID-19 umum lainnya seperti demam, sebaiknya segera mengunjungi dokter.



(amm)