alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Butuh APD Banyak, RS Siap Terima Bantuan Masyarakat

Ainun Najib

BANTUL - Korban akibat virus Corona di DIY terus bertambah. Kondisi ini membuat sejumlah rumah sakit di DIY membutuhkan alat pelindung diri (APD) dalam jumlah yang banyak.

Seperti di RSPAU dr S Hardjolukito Jalan Ring Road Timur, Janti, Banguntapan Bantul. Dalam sehari kebutuhan APD bisa mencapai 100 hingga 140 APD. "Rata-rata dalam sehari kebutuhan APD 100 hingga 140 APD karena ini baju sekali pakai,” terang Kepala Humas RSPAU dr S Hardjolukito, Letkol Kes Agung Riyadi usai menerima bantuan APD dari Gandung Pardiman Center (GPC) di halaman rumah sakit setempat, Kamis (2/4/2020).

Letkol Agung menambahkan, selain menerima bantuan dari pemerintah pihaknya juga sangat terbuka dengan donasi dari masyarakat. Bantuan semacam ini sangat dibutuhkan oleh para tenaga medis yag menjadi garda erdepan dalam penanganan wabah Corona Covid-19.



Saat ini ada lima pasien dengan status pasien dalam pengawasan (PDP) yang tengah dirawat di RSUP Hardjolukito. RSPAU adalah salah sat rumah sakit rujukan penanganan virus Corona. Saat ini RSPAU tegah menyiapkan 150 bed di Gedung C khusus untuk penanganan virus yang berasal dari China tersebut.

Dalam kesmepatan itu GPC menyerahkan 30 APD dan telur ayam sebanyak 150 kilogram (kg). Penyerahan bntuan dilakukan oleh perwakilan GPC Erwin Nizar yang didampingi oleh anggota DPRD Bantul Arni Tyas Palupi.

Erwin berharap bantuan tersebut bisa bermaanfat bagi tim medis di Hardjolukito. Batuan telur itu dimaksudkan untuk penambahan gizi bagi para tenaga medis dan pasien di Hardjolukito. “GPC berkomitmen bersama pemerintah dan rakyat melawan Corona. Semoga wabah ini segera berakhir,” terang Erwin.

Bantuan APD dan telur ke RS Hardjolukito ini akan diikuti pemberian bantuan serupa ke sejumlah rumah sakit yang lain. Usai dari rumah sakit, tim GPC juga menyalurkan bantuan ke sejumlah panti asuhan. Masing-masing panti asuhan mendapat bantuan beras 1 kwintal dan uang tunia Rp4 juta.

Sebelumnya, Partai Golkar DIY juga telah menerjunkan 42 tim gugus tugas pencegahan Corona yang disebar di seluruh DIY. Tim ini secara aktif melakukan penyemprotan disinfektan di kampung-kampung dan membagia hand sanitiser,sabun dan masker untuk masyarakat.

Untuk diketahui hingga Kamis (2/4/2020) sore jumlah pasien di DIY adalah 29 pasien positif Corona dan 285 PDP. 3 pasien dinyatakan sembuh dan 3 pasien positif Corona meninggal dunia. Selain itu ada 10 orang yang meninggal dunia dalam status PDP



(nun)