alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

1.500 APD dan 7.500 Masker DIY Tiba di Lanud Adisutjipto

Priyo Setyawan

YOGYAKARTA - Sebanyak 37 koli alat kesehatan berupa 1500 alat pelindung diri (APD) dan 7500 masker untuk tenaga medis untuk DIY tiba di Base Ops Lanud Adisutjipto, Yogyakarta, Kamis (2/4/2020). APD dan masker tersebut dibawa pesawat Boeing 737-400 dari Skadron Udara 17 Halim Perdanakusuma.

“APD dan masker dari pemerintah pusat ini segara akan disitribusikan di DIY,” kata Danlanud Adisutjipto Yogyakarta Marsma TNI Bob Henry Panggabean, Kamis (2/4/2020).

Bob menjelaskan, sesuai dengan prosedur seluruh awak pesawat dan petugas yang membawa alat kesehatan serta barang setelah turun dari pesawat menjalani protokol kesehatan dan prosedur kemanan dengan penyemprotan disinfektan serta pengecekan suhu tubuh.



“Ini lakukan sebagai usaha preventif seluruh personel yang bertugas,” jelas alumni AAU 1991 ini.

Menurut Bob Henry Panggabean, APD dan masker tersebut akan digunakan para tenaga medis untuk melindungi diri dari bahaya dan risiko bagi petugas kesehatan, terutama dalam penanganan kasus Covid-19 di DIY.

“Setelah dari DIY, misi dukungan alat kesehatan ini akan berlanjut ke Lanud Hasanudin Makasar,” paparnya.

Terpisah Kepala Pelaksanan Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) DIY, Biwara Yuswantono mengatakan, alat kesehatan APD dan masker tenaga medis tersebut akan diistribusikan ke kabupaten dan kota di DIY. “Untuk teknis pendistribusiannya akan kita rapatkan siang ini,” terangnya.



(nun)