alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Atasi Corona DPRD Gunungkidul Alihkan Anggaran Rp4 Miliar

Suharjono

GUNUNGKIDUL - Upaya untuk memberikan anggaran penanggulangan virus Corona dilakukan DPRD Gunungkidul. Dalam rapat dengan konsep teleconference yang dilakukan tadi malam, DPRD Gunungkidul mengalihkan anggaran sebesar Rp4 miliar untuk penanggulangan Virus tersebut.

Ketua DPRD Gunungkidul Endah Subekti Kuntariningsih mengatakan, pihaknya sudah melakukan rapat Badan Anggaran yang dilakukan menggunakan sistem teleconference untuk mengalihkan anggran DPRD untuk antisipasi Covid-19 ini. "Jadi anggaran tersebut sebagian besar dari pengurangan kunjungan kerja, “terangnya kepada wartawan, Kamis (2/4/2020).

Dijelaskannya, dengan pengalihan anggaran tersebut dia berharap penangan Cobid-19 di Gunungkidul bisa cepat. Jangan sampai justru para medis yang menajdi garuda depan perlawanan melawan virus asal China ini. “Kami berharap Pemkab melangkah cepat karena sudah kita hitung bersama dengan tambahan anggaran di DPRD, berarti sudah ada anggran sementara Rp32 miliar," ulasnya.



Menurutnya persoalan Covid-19 merupakan persoalan serius untuk itu oetamaa salah bagaimana keselamatan manusia. Kemudian juga bagaimana dengan wilayah yang sudsh jelas ada warga yang positif Corona bisa dilakukan pemantauan sehingga dipastikan tidks menyebar. “Terus terang kami kecewa karena koordinasi masih lamban menangani Covid - 19, maka jangan sampai Pemkab hanya menggelar koordinasi tanpa action yang jelas, " tandasnya.

Wakil Ketua DPRD Gunungkidul Heri Nugroho mengungkapkan untuk saat ini, Pemkab harus menjamin ketersediaan APD untuk tenaga medis di Gunungkidul. “Mereka garda depan melawan Covid - 19. Jadi ketersediaan perlengkapan perang ya harus disediakan. Jangan sampai mereka ragu karena APD tidak memenuhi syarat," tandasnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty mengatakan pihaknya berusaha keras untuk penyediaan APD. Langkah ini dilakukan dengan menghubungi beberapa distributor APD."Kita bisa maksimalkan untuk hal itu sementara untuk rumah sakit cukup untuk beberapa hari ke depan, “ katanya. 



(nun)