alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Truck Disinfectan Marine Police, Pembasmi Virus Corona Milik Polda DIY

Priyo Setyawan

SLEMAN - Polairud Polda DIY mengubah truk angkut dinas menjadi kendaraan untuk menyemprotkan disinfektan di ruang publik. Kendaraan yang diberi nama Truck Disinfectan Marine Police ini digunakan dalam operasi kemanuasian pencegahan penyebaran virus corona jenis baru, Covid-19.

Direktur Polairud AKBP Rudi Rifani mengatakan, awal mengubah truk angkut dinas menjadi kendaraan untuk menyemprot disinfektan terinspirasi dari spray fan atau kipas angin air kabut. Karena Ditpolairud masih kekurangan armada untuk penyemprotan disienfektan dalam operasi kemanusiaan penangganan wabah
Covid-19, Aman Nusa II Progo 2020, maka akhirnya dibuat truck disinfectan marine police.

"Itulah ide pemanfaat truk angkut dinas Polairud menjadi truk penyemprot disinfektan," kata Rudi.



Rudi menjelaskan, untuk mengubah kendaraan angkut dinas menjadi truk penyemprot disinfektan tidak membutuhkan waktu lama. Hanya dalam sehari, truk yang berciri khas Polairud tersebut sudah jadi dan siap dioperasionalkan dalam Operasi Aman Nusa II Progo 2020.

"Setelah desain jadi, dalam satu hari truk angkut ini berubah menjadi truk disinfektan. Kemudian diberi nama Truck Disinfectan Marine Police," katanya.

Rudi menambahkan, truk disinfektan dengan bentuk mirip seperti kapal ini berkapasitas 1.250 liter. Cara kerjanya tidak jauh seperti rantis Armored Water Canon (AWC). Hanya air yang keluar lebih tipis seperti kabut, sehingga diharapkan bisa menjangkau tempat yang tidak bisa dilakukan oleh rantis AWC.

"Kami berharap dengan penyemprotan disinfektan spray kabut, virus seperti covid-19 yang sulit dijangkau dapat mati dan hancur terkena cairan disinfektan," katanya.



(amm)