alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Satu Pasien Positif Corona di RSUP Sardjito Dinyatakan Sembuh

Priyo Setyawan

YOGYAKARTA - Satu pasien dalam pengawasan (PDP) positif virus corona jenis baru, Covid-19 yang dirawat di RSUP Dr Sardjito Yogyakarta dinyatakan sembuh. PDP berjenis kelamin perempuan berusia 30 tahun itu kini sudah pulang ke rumahnya.

"Kabar gembira bahwa satu PDP dinyatakan sembuh oleh tim medis," kata Kabag Hukum dan Humas RSUP Dr Sardjito, Banu Hermawan, Rabu (1/4/2020)

Banu menjelaskan, PDD itu masuk RSUP Sardjito, 17 Maret 2020 dan dirawat di ruang isolasi. Pada 23 Maret, hasil labolatorium menunjukkan bahwa pasien positif terinfeksi Covid-19. Pasien selama perawatan terus dipantau kesehatannya, hingga pada Senin (30/3/2020) kemarin diketahui hasilnya swab negatif. Uji swab dilakukan tiga kali berturut-turut dan hasilnya negatif, sehingga dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang. (Baca juga: Lakukan Isolasi Mandiri di Rumah, Warga Sleman Meninggal Dunia



"Ini membuktikan PDP positif bisa sembuh dan bukan yang pertama. Sebelumnya PDP balita usia, 3 tahun yang dirawat di RSUP Sardjito juga dinyatakan sembuh Covid-19, tanggal 20 Maret 2020 dan juga sudah pulang. Berarti sudah ada dua PDP positif yang dinyatakan sembuh dan boleh pulang," katanya.

Banu menambahkan, pada Senin (30/2/2020), RSUP Dr Sardjito juga menerima hasil swab PDP positif Covid-19. Ini merupakan imported case, karena semua pasien pernah berkunjung di Ibu Kota, Lampung, serta Serang, Banten. RSUP Sardjito akan melakukan perawatan seoptimal mungkin, hingga mereka segera sehat dan hasil uji labnya negatif. "Hingga saat ini Sardjito merawat 18 PDP, 5 positif dan 13 masih dalam proses," katanya.

Banu juga mengajak masyarakat untuk melakukan pola hidup bersih dan sehat. Bila sakit batuk atau flu memakai masker sebagai antisipasi agar tidak menulari orang ini. Cara efektif lainnya memutus mata rantai Covid-19 yaitu mencuci tangan sesering mungkin dengan sabun.

"Itu semua demi kesehatan kita bersama," katanya.



(amm)