alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Serang Suriah, Rudal-rudal Jet Tempur Israel Ditembak Jatuh

Muhaimin

DAMASKUS - Pesawat-pesawat jet tempur zionis Israel menyerag Suriah. Beruntung sistem pertahanan udara Suriah menembak jatuh beberapa rudal yang ditembakkan oleh pesawat jet tempur Israel ke pusat Provinsi Homs. Serangan udara tersebut berlangsung hari Selasa malam.

Stasiun televisi pemerintah Suriah, SANA, mengatakan pesawat tempur musuh menembakkan rudal saat terbang di wilayah udara Lebanon. Menurut televisi tersebut, pesawat tempur musuh menargetkan posisi tentara Suriah tanpa merinci lokasinya.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia yang berbasis di Inggris melaporkan pesawat tempur Israel menembakkan delapan rudal ke pangkalan udara Shayrat di Provinsi Homs. Pemantau krisis Suriah itu tidak merinci berapa misil yang ditembak jatuh sistem pertahanan udara Damaskus.



Para warga di Ibu Kota Lebanon, Beirut, sebagaimana dikutip New York Times, Rabu (1/4/2020), mengaku mendengar suara pesawat tempur di udara sesaat sebelum serangan udara diberitakan.

Pemerintah maupun militer Israel belum berkomentar atas laporan serangan udara ke Suriah.

Bulan lalu, sebuah pesawat tak berawak Israel menembakkan rudal ke sebuah mobil di Suriah selatan yang menewaskan satu orang. Aktivis oposisi mengatakan pada saat itu bahwa pria yang menjadi target adalah sosok yang terlibat operasi anti-Israel.

Dalam beberapa tahun terakhir, Israel telah berulang kali melakukan serangan udara ke Suriah dengan target pasukan dan aset militer Iran dan proksi regionalnya. Salah satu serangan terjadi bulan Februari lalu di dekat Damaskus yang menewaskan dua anggota kelompok militan Jihad Islam Palestina yang didukung oleh Iran.



(nun)