alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

DPRD Kendal Pertanyakan Validitas Data Pemantauan Covid-19 Dinas Kesehatan

Ahmad Antoni

KENDAL - Kalangan DPRD mengapresiasi langkah Pemkab Kendal yang telah menyampaikan data pemantauan penanganan virus corona atau Covid-19. Namun demikian, data yang disampaikan dianggap tidak sesuai dengan kondisi di lapangan.

Ketua Komisi D DPRD Kendal, Mahfud Shodiq mengatakan, pihaknya mendapatkan informasi telah ada warga Kendal yang positif terjangkit Covid-19. Politikus PKB ini secara spesifik tidak menyebutkan identitas pasien, tapi disebutkan warga asal Kendal tersebut dirawat di salah satu rumah sakit di Semarang.

"Saya baru saja dapat update, warga asal Kendal yang positif corona hari ini alhamdulilah sudah dinyatakan sembuh bareng 3 pasien dari daerah lain. Pertanyaannya, kenapa data ini dari kemarin tidak dimasukkan padahal sudah dirawat di rumah sakit 10 sampai 15 hari. Dan sampai hari ini data positif corona dilaporkan masih nol," kata Mahfud, Selasa (31/3/2020).



Pihaknya mendesak pemerintah daerah untuk menyampaikan data hasil pemantauan covid-19 secara transparan. Jika memang ditemukan warga yang positif, maka harus dilaporkan bukan malah ditutup-tutupi.

Senada, Sekretaris Komisi D DPRD Kendal, Widya Kandi Susanti menekankan perlunya keterbukaan dari pemerintah daerah terkait data penanganan Covid-19 di Kabupaten Kendal. Menurutnya, jika data yang disampaikan tidak yang sebenarnya, justru akan menghambat upaya pencegahan yang saat ini digalakkan oleh pemerintah.

"Data itu harus disampaikan secara transparan dan jangan malah ada kesan ditutup-tutupi. Pasti ada dampaknya ke masyarakat. Tapi dampak baiknya, masyarakat jadi bisa lebih waspada. Terutama di lingkungan yang telah terdapat pasien positif corona," kata mantan Bupati Kendal ini.

Terkait data yang dipertanyakan Komisi D tersebut, awak media mencoba menghubungi Muntoha, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kendal. Namun diarahkan untuk menghubungi langsung Kepala Dinas Kesehatan Kendal Ferry Nando Radbonay. Hingga laporan ini diturunkan belum ada tanggapan.

Pemkab Kendal menyampaikan data pemantauan penanganan Covid-19 melalui infografis yang diolah dari sumber Dinas Kesehatan. Data itu juga bisa diakses secara online melalui website http://corona.kendalkab.go.id. Data terkini yang dilaporkan, sebanyak 79 Orang Dalam Pemantauan (ODP), 9 Pasien Dalam Pemantauan (PDP) atau Isolasi, 6 PDP sembuh, dan 0 positif Covid-19.



(amm)