alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Satu Warga Positif Corona, Pemkot Salatiga Siapkan Rapid Test

Angga Rosa

SALATIGA - Pemkot Salatiga menyiapkan rapid diagnostic test (rapid test) untuk orang yang melakukan kontak langsung dengan pasien dalam pengawasan (PDP) yang dinyatakan positif terjangkit virus corona (Covid-19). Dinas Kesehatan Kota (DKK) Salatiga masih melakukan pendataan orang yang kontak langsung pasien tersebut.

Kepala DKK Salatiga Siti Zuraidah menjelaskan, pasien positif Covid-19 berjenis kelamin laki-laki dan memiliki riwayat perjalanan ke Amerika Serikat. Sebelum dinyatakan positif Covid-19 lelaki berumur 44 tahun tersebut pernah memeriksakan diri ke RSUD Kota Salatiga sebanyak dua kali. Selanjutnya ke Rumah Sakit Paru Dr Ario Wirawan (RSPAW) Salatiga.

"Sejak dinyatakan positif corona pada Senin (30/3/2020) kemarin, pasien tersebut langsung mendapatkan perawatan secara intensif oleh petugas medis dan malamnya dirujuk ke RSUP dr Kariadi Semarang. Sekarang kami sedang melakukan penelusuran pasien telah kontak dengan siapa saja," katanya, Selasa (31/3/2020). (Baca juga: Satu Warga Salatiga Positif Corona, Diisolasi di RSPAW)



Siti Zuraidah menyebutkan, berdasarkan hasil pendataan, sementara warga kontak langsung dengan pasien positif corona berjumlah 40 orang. Mereka sebagian di antaranya tercatat tinggal dan sebagai warga Solo yang diketahui sebagai saudara pasien.

Puluhan yang kontak langsung dengan pasien secara otomatis berstatus orang dalam pemantauan (ODP). Namun tidak seluruhnya dilakukan isolasi khusus. Mereka diminta isolasi mandiri. "Kami masih melakukan pengembangan penelusuran, mulai sejak pasien positif corona turun dari Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang pada 18 Maret 2020 hingga diobservasi. Sekarang kami fokus mendata orang yang kontak langsung. Sebagian dari mereka sudah dilakukan rapid test," ujarnya. (Baca juga: Satu Warga Positif Corona, Wali Kota Salatiga Tetapkan Tanggap Darurat)

Sedangkan mereka dengan gejala yang sudah mengarah kuat tertular virus Corona akan langsung dilakukan isolasi di RSPAW. "Hasil laporan lengkap saya belum terima. Tapi yang gejala ada covid-19 langsung diisolasi khusus," katanya.



(amm)