alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pemda DIY Klarifikasi Pusat, Pasien Positif Corona 19 Bukan 22 Orang

INews.id

YOGYAKARTA - Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memastikan bahwa jumlah pasien positif terinfeksi virus corona jenis baru, Covid-19 di wilayahnya sebanyak 19 orang. Pernyataan ini sekaligus mengklarifikasi data Pemerintah Pusat yang menyebut ada 22 pasien positif corona di DIY.

Juru Bicara Penanganan Covid-19 Pemda DIY, Berty Murtiningsih mengatakan, hingga Minggu (29/3/2020) ada 175 orang yang diperiksa. Dari jumlah tersebut, 40 orang dinyatakan negatif dan 19 positif terinfeksi corona.

Satu pasien positif, telah sembuh dan ada tiga yang meninggal dunia. Sedangkan yang masih dalam proses ada 116 orang dan empat di antaranya meninggal dunia. "Sampai saat ini ada 19 penderita positif (corona), tapi pemerintah pusat tetap merilis dengan 22 penderita positif," katanya.



Terkait perbedaan data, Berty mengaku sudah menyampaikan, mengoreksi dan mengklarifikasi data tersebut ke pusat. Sampel yang ada, sudah ditelusuri di beberapa rumah sakit yang ada di DIY, namun tidak ditemukan.

"Kami sudah sampaikan (koreksi dan klarifikasi). Sampel atas nama beberapa PDP tidak ada di RS di DIY," ucapnya.

Kepala Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Yogyakarta Irene mengatakan, BBTKLPP juga sudah menyampaikan klarifikasi ke pusat terkait perbedaan data itu. Dari beberapa sampel telah dilakukan penelusuran di sejumlah rumah sakit yang ada di DIY. “Kami sudah bantu sampaikan ke pusat, tetapi sampel itu tidak ada pemiliknya,” katanya.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan, secara nasional ada penambahan sebanyak 130 dari sebelumnya, 1.155 orang

"Kasus positif bertambah sebanyak 130 kasus, sehingga total 1.825 kasus," ujar Yuti dalam konferensi pers di Gedung BNPB, Jakarta, Minggu (29/3/2020).

Dia menuturkan, jumlah pasien positif corona yang meninggal sebanyak 114 orang, atau ada penambahan sebanyak 112.

Sedangkan pasien yang sembuh berjumlah 64 orang atau ada penambahan sebanyak 5 dari sebelumnya 59 orang.



(amm)