alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Puluhan Ribu Warga Batang di Zona Merah Covid-19 Dilarang Mudik

Ahmad Antoni

BATANG - Bupati Batang Wihaji mengungkapkan ada puluhan ribu warga Batang yang mencari rezeki berada di zona merah Covid-19.

"Tolong untuk warga Batang perantau tidak mudik dulu, ini demi kebaikan bersama dan keselamatan saudara kita yang di kampung," kata Wihaji saat memberikan keterangan pers di rumah dinasnya, Minggu (29/3/2020).

Dia menegaskan, pihaknya mempersilakan pulang kampung jika memang mendesak karena ada keluarga yang sakit, tapi harus lapor ke RT agar ada tindak lanjut dari Puskesmas untuk pengecekan kesehatan. "Di tengah wabah pandemi Covid-19 mudik menjadi masalah, maka saya minta Gubernur DKI dan Jawa Barat mengimbau agar perantau untuk tidak mudik dulu," katanya. (Baca juga: Warga Jateng di Jabodetabek, Jabar, Jatim, dan Bali Dilarang Mudik)



Wihaji juga beraharap Kapolri untuk bisa membantu karena daerah sangat kewalahan kalau ada ribuan pemudik pulang kampung.

"Tenaga medis kita tidak mampu memeriksa kalau setiap hari ada 1.000 warga yang pulang kampung. Oleh karena itu, saya minta bantuan Kapolri, gubernur untuk dicarikan jalan keluarnya," katanya.

Untuk saat ini, pihaknya sudah mengimbau bagi warga Batang rantau yang pulang segera lapor ke RT dan Puskesmas agar mendapat pemeriksaan.

"Ini hanya antisipasi, bukan kita menuduh tapi demi kebaikan bersama agar masyarakat Batang terselamatkan," katanya.



(amm)