alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Corona Belum Mereda, UNS Terapkan Konsultasi Skripsi Online

Ary Wahyu Wibowo

SOLO - Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menerapkan pelayanan konsultasi skripsi mahasiswa melalui online menyusul status kejadian luar biasa (KLB) Corona (Covid-19) di Kota Solo. Para mahasiswa tingkat akhir dapat berkonsultasi terkait tugas akhir atau skripsi melalui teleconference, e-mail atau platform lainnya.

Wakil Rektor Bidang Akademik UNS Solo Prof Ahmad Yunus mengatakan, pihaknya mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 14/UN27/SE/2020 tertanggal 26 Maret 2020 tentang Penyesuaian Perkuliahan, Pembimbingan, Ujian Tengah Semester, Ujian Tugas Akhir, Magang, Skripsi, Tesis dan Disertasi di UNS.

"SE ini dikeluarkan untuk menjamin berjalannya proses pembelajaran yang berkualitas meskipun dilakukan secara daring. Beberapa pelaksanaan aktivitas akademik akan tetap berjalan dan menyesuaikan kondisi saat ini," kata Yunus, Minggu (29/3/2020). (Baca juga: Ujian Skripsi Online, Tanpa Ditunggui Teman dan Hadiah)



Hal ini sebagai tindak lanjut SE Rektor UNS Nomor 13/UN27/SE/2020 tentang Pemberlakuan Pembatasan Aktivitas di Kampus UNS. Beberapa poin yang dijelaskan dalam SE ini diantaranya tentang perkuliahan dan pembimbingan tugas akhir/Skripsi/Tesis/Disertasi, Teknis Pelaksanaan Ujian Tengah Semester (UTS), Ujian Tugas Akhir, Magang, Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Selain itu juga terkait pelaksanaan kuliah praktik dan magang serta mengenai pelaksanaan wisuda pada periode dalam waktu dekat.

Dalam SE dibahas pula hal-hal bersifat khusus, seperti keperluan penyelesaian studi yang memiliki kaitan dengan penelitian berbasis pada data sekunder dapat dilakukan dengan tetap mempertimbangkan kelayakan ilmiah. "Konsultasi melalui daring diperbolehkan bagi mahasiswa untuk mempermudah proses pembuatan skripsi atau tugas akhir. Mahasiswa bisa menghubungi dosen terkait untuk melakukan bimbingan melalui teleconference, email atau platform lain," katanya.

Metode pelaksanaan ujian, evaluasi dan pemantauan bisa dilakukan dan dibahas lebih lanjut oleh masing-masing fakultas/pascasarjana/sekolah vokasi dan unit dengan mempertimbangkan aspek kekhususan, kepraktisan dan kemudahan. UNS menyediakan platform pembelajaran secara daring pada ocw.uns.ac.id dan spada.uns.ac.id. Keduanya bisa diakses oleh mahasiswa dan dosen.

Selain menggunakan dua platform tersebut, UNS juga memperbolehkan pelaksanaan kegiatan belajar menggunakan platform lain. Hal ini dilakukan untuk mempermudah sivitas akademika melakukan aktivitas perkuliahan secara daring. Dalam kondisi saat ini adaptif dan fleksibel menjadi kunci supaya rencana pembelajaran bisa tetap terlaksana.

Keputusan perpanjangan kuliah daring sampai 30 April 2020 tentu menjadi tantangan tersendiri bagi UNS.
Namun, UNS terus berupaya memberikan yang terbaik dan memaksimalkan kegiatan perkuliahan meskipun dilakukan secara daring.

Fakultas, pascasarjana, sekolah vokasi dan atau unit-unit di bawahnya bisa menyediakan help-desk untuk membantu pelaksanaan pelayanan yang berkaitan dengan akitivitas akademik secara daring, baik itu untuk dosen mapun mahasiswa.



(amm)